alexametrics
28C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Butuh Dana Besar, Jalur Darurat Simpang 4 Patung Sapi Urung Dibangun

PANDAAN, Radar Bromo – Rencana Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) mengusulkan pembangunan jalur darurat simpang empat Patung Sapi, Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan tahun depan harus diurungkan. Pasalnya, butuh dana besar untuk membangun jalur yang dikhususkan kendaraan rem blong itu.

“Usulan jalur khusus atau darurat jelang simpang empat Patung Sapi di Pandaan, dari arah Malang ke Surabaya di posisi jalan turunan sudah kami sampaikan ke pusat. Hasilnya urung, dan belum bisa direalisasikan tahun depan,” kata Kaur Tata Usaha BBPJN VIII Surabaya Daniel Richard, saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo Jumat pagi (4/12) via telepon.

Pria asal Medan ini menuturkan, tim teknis dari Kementerian PUPR pusat sudah turun ke lokasi. Tim sudah melihat dari dekat, sekaligus survei dan menganalisasinya. Di antaranya menyangkut kelayakan dibangun jalur khusus atau darurat jelang simpang empat Patung Sapi tersebut.

Setelah dievaluasi, ada dua faktor kurang mendukung untuk dibangunnya jalur khusus atau darurat tersebut. Selain butuh anggaran besar, ketersediaan lahan yang minim dan terbatas, menjadi persoalan.

“Tidak mungkin, jalur khusus atau daruratnya dibangun di atas bahu jalan yang sempit dan juga sekaligus di atas saluran air tepi jalan. Di luar itu, dana yang dibutuhkan pun besar hingga miliaran rupiah,” bebernya. (zal/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU