Pembersihan Material Pasar Sukorejo yang Terbakar Butuh 3-4 Hari

SUKOREJO, Radar BromoUsai pekan lalu police line dilepas di 27 kios Pasar Sukorejo yang terbakar, beberapa hari ini dilakukan pembersihan material di areal kios yang terbakar. Pembersihan dilakukan oleh staf pasar daerah setempat.

“Ini hari pertama mulai pembersihan material di deretan kios yang terbakar. Karena sebelum rehab dilakukan harus dibersihkan dulu puing-puingnya,” beber Kepala Pasar Sukorejo Nanang Kosim.

Satu per satu material dan sisa puing berupa seng, kayu, serta lainnya oleh staf pasar dimasukkan ke dalam truk. Pedagang pasar penghuni kios yang terbakar sendiri tak tampak ikut bersih-bersih.

“Pembersihan material dilakukan di 25 kios secara bertahap. Dua kios lainnya, yakni kios sepeda nanti dibersihkan sendiri oleh pemiliknya, rencananya dalam pekan ini juga. Materialnya diangkut truk, kemudian dibuang ke TPA di Kenep, Beji,” tutur Nanang.

Untuk perbaikan 27 kios sendiri dipastikan tak sesuai rencana awal, yakni pekan ini. Rencananya, rehab kios dengan anggaran sekitar Rp 200 juta dari APBD itu dimulai pekan depan.

“Pembersihan puing dan material sisa kebakaran ini tidak bisa sehari, tapi bisa jadi 3-4 hari ke depan. Setelah tuntas, dilanjut dengan pekerjaan rehab fisik bangunan kiosnya. Informasi kami terima dari dinas, jadwalnya pekan depan,” bebernya. (zal/mie)