Museum Kab Pasuruan Kembali Dibuka, Masih Sepi

BUKA LAGI: Setelah sempat ditutup saat awal pandemi Covid-19, mulai tengah pekan ini Museum Kabupaten Pasuruan di areal Pasar Wisata dan Masjid Cheng Hoo Pandaan mulai dibuka lagi. (Rizal Syatori/Radar Bromo)

Related Post

PANDAAN, Radar Bromo – Kabupaten Pasuruan masih zona oranye Covid-19. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Pasuruan pun mulai membuka tempat wisata yang dikelola pemkab untuk diuji coba.

Sementara ini, baru 1 tempat yang dibuka. Yakni Museum Kabupaten Pasuruan yang berada di kawasan Pasar Wisata Cheng Hoo di Pandaan.

Sekretaris Disparbud Gunawan Wicaksono mengatakan, Museum Kabupaten Pasuruan mulai dibuka minggu ini. Hal ini melihat kondisi Pasar Wisata di kompleks Cheng Hoo yang sudah mulai ramai kembali.

“Berbeda dengan tempat wisata lain yang dikelola Disparbud masih tutup. Namun untuk Museum sudah mulai buka untuk uji coba pada Rabu lalu (22/07),” terang Gunawan.

Ia menjelaskan, uji coba Museum dilakukan lantaran dinilai pengunjung museum selama ini memang tidak banyak berkerumun. Termasuk lantaran kondisi pasar wisata Cheng Hoo yang juga mulai ramai.

Selama dibuka, di museum setempat diberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Semua pengunjung wajib menggunakan masker termasuk menjaga jarak.

Sejak beroperasi kembali hingga kemarin (3/8), pengunjung di museum masih terpantau sepi. “Untuk pengunjungnya masih sedikit, sehari rata-rata hanya 10-20 orang saja. Kebanyakan dari luar daerah, saat transit ke pasar wisata Cheng Hoo sekaligus mampir ke museum ini,” tutur kasi sejarah dan purbakala Disparbud Kabupaten Pasuruan Ika Ratnawati. (eka/mie)