Temukan Dua Artefak Yoni di Sawah Lemahbang Sukorejo

SUKOREJO, Radar Bromo – Tim arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur kemarin mengunjungi areal persawahan di Dusun Telebuk, Desa Lemahbang, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Mereka mengamati benda yang diduga cagar budaya di kawasan setempat.

Benda yang diteliti itu diduga sebagai artefak Yoni. Atau juga banyak disebut lesung batu karena menyerupai sebuah lesung. Yoni merupakan pasangan lingga yang diidentikkan simbol alat kelamin wanita dan kesuburan.

Ada dua Yoni di kawasan Dusun Telebuk. Letaknya berdekatan, hanya terpisahkan saluran air persawahan. Kedua Yoni itu terpendam di galangan pematang sawah.

Letak keduanya dari permukiman warga dan jalan dusun sekitar 250 meter. Hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki karena melewati areal persawahan.

“Sebenarnya, Yoni ini sudah ada sejak lama di persawahan warga. Kami tak tahu secara persis jika benda tersebut merupakan cagar budaya. Tahunya, hanya batu biasa saja. Yoni ini semakin viral sepekan terakhir ini,” terang Kades Lemahbang Nuqso Bandi.

Bagian atas dua Yoni itu tampak agak rusak. Terutama untuk Yoni di sisi sebelah timur. Sebab, kerap dilewati para petani.

“Kami baru tahu kalau benda tersebut adalah Yoni setelah dapat informasi dari tim Disparbud Kabupaten Pasuruan dan juga BPCB Jatim. Kedepannya, akan dikemanakan, kami terserah instansi terkait,” imbuh Nuqso.

Sementara itu, Kasi Sejarah dan Purbakala Disparbud Kabupaten Pasuruan Ika Ratnawati menerangkan, pihaknya bersama tim dari BPCB Jatim sudah turun ke lapangan. “Dua benda itu dipastikan benda cagar budaya. Yakni, berupa Yoni yang merupakan pasangan dari Linggo,” terangnya.

“Rencananya, bulan depan akan kami evakuasi untuk dipindah ke Museum Kabupaten Pasuruan di Pandaan,” imbuhnya. (zal/mie)