Rumah Kosong di Gempol Hangus Dilalap Api

GEMPOL, Radar Bromo – Ketenangan Dusun Kauman Baru, Desa/Kecamatan Gempol, Jumat (3/7) dini hari terusik. Itu, setelah si jago merah mengamuk di rumah warga yang sudah lama tak ditempati.

Lokasinya ada di sisi barat jalan nasional Malang-Surabaya. Menurut keterangan sejumlah saksi, api berkobar mulai sekitar pukul 02.30. Warga setempat pun dibuat panik lantaran lokasi rumah yang terbakar itu di permukiman padat penduduk.

Saat si jago merah melalap, pemilik rumah Rudi, 70, tidak berada di lokasi. Ia sudah lama tinggal di Jakarta. Rumah tersebut selama ini dibiarkan kosong.

“Pertama kali mengetahui kejadian ini warga sekitar. Tahunya api sudah membesar, pada bagian atap rumah di bangunan belakang. Dengan cepat, api menjalar ke tengah dan depan,” ungkap Kanitreskrim Polsek Gempol Ipda Slamet Mudjiono.

Mendapat laporan kejadian kebakaran dari warga, petugas Polsek Gempol seketika itu juga langsung meluncur ke lokasi kejadian.

Sesaat kemudian, disusul empat truk pemadam kebakaran (damkar) milik Pemkab Sidoarjo, stand by di Pasar Porong. Juga satu unit kendaraan water cannon dari Pusdik Gasum Porong tiba di lokasi kejadian.

Setibanya di lokasi, empat damkar dan satu unit water cannon langsung melakukan pemadaman di beberapa titik api yang ada di dalam rumah tersebut.

“Api berhasil dipadamkan setelah subuh sekitar pukul 05.00 pagi. Selanjutnya, dilakukan pembasahan sampai pagi,” ujar Slamet Mudjiono.

Insiden kebakaran itu tak sampai merenggut korban jiwa. Hanya kerugian materiil saja yang belum diketahui berapa nominalnya. “Saat kebakaran, listrik dalam kondisi nyala atau berfungsi. Penyebab pastinya kami belum tahu. Untuk sementara, diduga kuat karena korsleting,” tutur Slamet. (zal/mie)