alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Artefak Yoni di Sukorejo Simbol Kesuburan, Diduga Peninggalan Majapahit

SUKOREJO, Radar Bromo – Dua arkeolog BPCB Jatim kemarin mendatangi lokasi ditemukannya dua Yoni di areal persawahan Dusun Telebuk, Desa Lemahbang, Kecamatan Sukorejo. Dari pengamatan awal, 2 yoni itu diduga peninggalan kerajaan Majapahit.

“Kami sudah melihat langsung ke lokasi untuk mengamati bentuk, tekstur serta lainnya. Dugaan kuat, Yoni ini peninggalan kerajaan Majapahit, ketimbang Singosari,” terang Nugroho Harjo Lukito, arkeolog senior dari BPCB Jatim.

Hasil penelusuran dan pengamatan tim BPCB Jatim di lapangan, dua yoni tersebut memiliki dimensi ukuran sama. Panjang, lebar dan tingginya masing-masing 50 sentimeter. Lubang tengah bagian dalamnya memiliki panjang dan lebar 18 sentimeter. Sedangkan kedalamannya, 33-35 sentimeter.

Yoni itu terbuat dari batu andesit. Pada bagian bawahnya tidak langsung tertancap ke tanah. Melainkan berdiri diatas sebuah batur, atau semacam fondasi yang terbuat dari batu bata.

Bentuknya, sebagian besar masih utuh. Sehingga bila diamati dari dekat, benda tersebut diketahui sebagai Yoni. Namun pada bagian tepiannya, utamanya bagian atas tidak sepenuhnya utuh.

Lokasi ditemukannya Yoni itu, disebut sudah mengalami pergeseran dari lokasi awal. “Yoni ini dibangun saat zaman kerajaan, dulu berfunsgi sebagai simbol kesuburan. Seringkali ditemukan di persawahan juga dekat sungai. Selain itu, juga digunakan pula untuk pemujaan,” tutur Nugroho Harjo.

Karena merupakan benda cagar budaya, dan harus dilindungi, BPCB menyarankan ke Disparbud setempat untuk segera mengevakuasinya. “Lebih baik dua benda ini disimpan ke museum. Agar lebih terawat dan terjaga akan keasliannya,” harap Nugroho. (zal/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.

Listrik Kerap Padam, 95 Persen Disebabkan Pohon

Kejadian listrik padam atau mati lampu kerap terjadi saat musim hujan.