Lubang Jalan Bertebaran di Jalur Jetak-Dayurejo

PRIGEN, Radar Bromo – Pengguna jalan kabupaten jurusan Jetak– Dayurejo, dibuat tak nyaman. Meski sebagian aspalnya masih mulus, namun di sepanjang jalan yang menghubungkan Kecamatan Pandaan, Sukorejo dan Prigen itu banyak didapati lubang menganga.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, paling banyak lubang didapati di kawasan Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen. Ukurannya bervariatif. Kondisi itu pun membahayakan pengguna jalan, khususnya pengendara motor.

“Sebagian besar memang aspalnya masih baik, karena ruas jalan kabupaten ini terakhir di-hotmix 2017 lalu sepanjang sembilan kilometer. Tapi, kini mulai banyak yang berlubang, terutama di desa kami. Akibatnya, sering terjadi kecelakaan tunggal,” kata Haimin, perangkat Desa Bulukandang.

Lubang jalan itu tersebar mulai Desa Tanjungarum, Kecamatan Sukorejo, kemudian Bulukandang dan Dayurejo, Kecamatan Prigen. “Agar tidak membahayakan pengguna jalan, jalannya harus diperbaiki segera oleh instansi terkait. Biar (kerusakannya) tidak semakin meluas dan juga aman,” harapnya.

Sementara itu, kondisi kerusakan jalan setempat juga jadi perhatian Dinas PU Bina Marga. “Titik jalan yang berlubang segera disurvei oleh tim teknis. Nanti akan ditangani lewat pemeliharaan rutin,” ujar Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka, saat dihubungi kemarin pagi (3/5). (zal/mie)