alexametrics
28C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

PKL Durian Pasar Wisata Cheng Hoo Dikeluhkan Pedagang

PANDAAN,Radar Bromo – Keberadaan Pasar Wisata Cheng Hoo di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, menjadi magnet tersendiri bagi para pedagang kaki lima (PKL) durian. Banyak di antara mereka yang menjajakan duriannya di depan pintu keluar menggunakan pikap.

Selama ini, sejumlah PKL sering terlihat berjualan di depan taman pasar wisata yang berada di tepi jalan nasional ini. Namun, kini berpindah ke pintu keluar pasar wisata. Ternyata, keberadaan mereka dikeluhkan sejumlah pedagang yang menempati kios di dalam pasar wisata.

“Jelas merugikan dan berdampak bagi kami pedagang tetap yang ada di dalam. Pengunjung dari luar daerah yang hendak berbelanja buah-buahan atau makan dan minum, serta membeli suvenir jadi urung. Mereka memilih membeli durian di pikap,” ujar salah seorang pedagang buah di Pasar Wisata Cheng Hoo, Soni.

Selama ini, saban hari Soni berjualan dan menempati kios di dalam pasar wisata. Ia berharap Satpol PP menertibkan para PKL buah yang berjualan di depan pasar wisata. Selain berdampak terhadap penjualannya, menurutnya, berjualan di depan pasar wisata ini juga dilarang.

Di sisi lain, Kasi Trantib Kecamatan Pandaan Malik M.Z menegaskan, penertiban PKL durian yang berjualan menggunakan pikap di sekitaran Pasar Wisata Cheng Hoo, sudah sering dilakukan. Namun, mereka tetap nekat berjualan meski kadang beda orang.

“Penertiban tetap terus kami lakukan, tapi memang kendalanya justru kucing-kucingan yang terjadi di lapangan. Saat petugas datang, pikapnya langsung bergegas pergi. Begitu petugas keluar, pikapnya balik lagi,” ujarnya. (zal/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU