alexametrics
25.7 C
Probolinggo
Friday, 27 November 2020

Jalur Pendakian Tetap Dibuka Meski Api di Gunung Ringgit Baru Padam

PRIGEN – Kebakaran hutan di lereng Gunung Ringgit tepatnya di Blok Putuk Tulak, Desa Cendono, Kecamatan Purwosari baru saja padam. Akibat kejadian itu, lahan seluas 30 hektare terbakar.Usai insiden itu, jalur pendakian Arjuno–Welirang masih tetap dibuka.

“Sejauh ini belum ada penutupan jalur pendakian. Masih operasional normal seperti biasanya. Para pendaki yang datang bisa melakukan perjalanan pendakian, ke Arjuno atau Welirang,” ungkap Agus Budi Utomo, kepala seksi obyek wisata alam UPT Tahura R. Soerdjo.

Menurut Agus Budi Utomo, dibukanya jalur pendakian meski sempat terjadi kebakaran beberapa hari sebelumnya, karena dianggap masih aman. Lokasi hutan yang terbakar, berada diluar atau jauh dari jalur pendakian yang ada dilapangan.

Jalur pendakian ini berlaku di semua pos izin pendakian. Selain di Tretes, juga Jatiarjo, Prigen; Tambaksari, Purwodadi; Lawang, Kabupaten Malang dan Sumber Brantas, Kota Batu.

“Para pendaki yang melintas dan naik gunung, kami imbau tetap waspada serta hati-hati. Jika diperjalanan terdapat atau menemui kebakaran, disarankan segera turun ke bawah tidak melanjutkan perjalanan,” tukasnya.

Untuk operasional dibukanya jalur pendakian, ia sebutkan sifatnya tentatif. Tergantung situasional terkini yang ada di lapangan. “Prinsipnya, operasionalnya tetap kami terapkan sistem buka tutup. Ini sudah prosedur yang harus ditempuh dengan sejumlah pertimbangan didalamnya,” cetus Agus sapaan akrabnya. (zal/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Petugas KPPS Harus Jaga Integritas selama Pilwali

Selanjutnya, KPU akan memberikan pembekalan bagi KPPS sebelum bertugas.

Pembobol Alfamart Suwayuwo Dibekuk, Pelaku Residivis, Ini Tampangya

Pelaku pembobolan toko modern yang berada di sebelah timur jalan nasional ini ada tiga orang.

Pembuangan Bayi di Bermi Krucil, sang Ibu Jadi Tersangka

Setelah melahirkan, pelaku langsung meninggalkan bayinya. Itu dilakukan agar tidak ada orang yang tahu dirinya telah melahirkan.

Integrasi Satu Data Vaksin COVID-19, Gandeng Dua BUMN

Pemerintah menggandeng dua BUMN untuk integrasi satu data vaksinasi covid-19.