Jalur Pendakian Arjuno-Welirang Belum Kembali Dibuka

PRIGEN, Radar Bromo – Pandemi korona yang belum berakhir, membuat jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang masih ditutup sementara. Belum ada kejelasan kapan jalur pendakian itu bakal kembali dibuka.

“Belum ada rencana dalam waktu dekat ini kembali dibuka. Di lapangan, penutupan sementara masih diberlakukan. Itu, berlaku di semua pos izin pendakian Arjuno–Welirang, termasuk di Kabupaten Pasuruan,” tutur Kepala UPT Tahura R. Soerjo Ahmad Wahyudi.

Wahyudi menyebutkan, saat ini kurva kasus korona masih cukup tinggi dan belum turun. Lantaran itu, pihaknya belum membuka kembali pos izin pendakian.

Bila tetap dibuka, dikhawatirkan bisa jadi klaster baru penyebaran korona. “Keputusan ini kami tempuh untuk menjaga keselamatan dan kesehatan para pendaki. Sekaligus memutus rantai penularan virus korona,” terang Wahyudi.

Disinggung soal pemerintah pusat yang mewacanakan penerapan new normal, pihaknya belum bisa memastikan. “Yang jelas, UPT bakal berkoordinasi dulu dengan Pemprov Jatim, juga pemerintah daerah yang ada di lokasi pos izin pendakian,” imbuhnya. (zal/mie)