Antisipasi Penyebaran Korona, Pasar Pandaan Bakal Tutup 5 Pintu Pasar

PANDAAN, Radar Bromo – Beragam antisipasi terus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Termasuk di Pasar Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pengelola pasar berencana menutup sebagian pintu pasar.

Langkah ini dilakukan untuk membatasi keluar-masuknya pedagang, pembeli, sekaligus kendaraan yang melintas. “Ini, masih rencana dan belum final. Masih diusulkan Forkopimka Pandaan. Sudah kami sampaikan ke dinas. Keputusan jadi atau tidaknya, menunggu,” ujar Kepala Pasar Pandaan Sugeng Tawanto, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, pintu masuk dan keluar di pasar daerah ini total ada delapan titik. Empat di antaranya merupakan pintu utama. Jika rencana ini jadi direalisasikan, ada lima pintu yang bakal ditutup. Tiga lainnya yang tetap akan buka merupakan akses masuk utama.

“Pastinya akses pintu utama saja yang kami buka bila keputusan ini diterapkan. Yakni, dua di sisi utara dan satu di sisi barat,” jelasnya. Namun, rencana ini masih terus akan disosialisasikan.

Disinggung soal operasional pasar selama pandemi Covid-19, Sugeng memastikan, tidak ada perubahan. Pihaknya juga penyediakan wastafel untuk cuci tangan di beberapa titik dan meminta pedagang dan pembeli mematuhi protokol kesehatan. Seperti, mengaimbau memakai masker.

“Selama ada pendemi ini perubahan di lapangan terasa sekali. Pedagang yang berjualan berkurang. Termasuk pembelinya,” ujarnya. (zal/rud)