Ngakunya Uang Arisan Dicuri, Ternyata Malah Dibuat Foya-foya

BEJI – Entah apa yang ada di pikiran Minthul (nama samaran), 33. Warga Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, ini malah menghabiskan uang arisan dengan berfoya-foya. Nah, ulah Minthul ini juga menyeret keluarga sang suami. Tole (juga nama samaran), 34, sang suami, serta keluarganya jadi sasaran tetangga yang merupakan nasabah arisan.

Peristiwa ini membuat Tole marah besar. Ia kecewa dengan kelakukan istrinya. “Awalnya ngaku uangnya hilang dicuri. Sempat bingung mencari, tapi ujung-ujungnya ketahuan kalau dibuat foya-foya sama dia,” terang Tole dengan nada kesal.

Pernikahan mereka sendiri dikatakan sudah berjalan belasan tahun. Mereka kini dikaruniai 2 orang anak. Saat ini mereka memang masih tinggal di rumah orang tua Tole. Minthul dari awal menikah memang fokus menjadi ibu rumah tangga. Sementara Tole menjadi karyawan perusahaan.

Kebutuhan mereka semakin tinggi sejak 5 tahun yang lalu. Namun, masih bisa teratasi karena Minthul punya usaha membuat kue. “Biasanya ya kalau ada pesanan, baru buat. Meskipun tidak besar, tapi ada tambahan-tambahan sedikit buat kebutuhan Minthul sendiri,” ujarnya.

Selain itu, Minthul memang aktif dalam kegiatan di kampung. Termasuk sering kumpul dengan tetangga kanan-kiri. Nah, sejak setahun yang lalu diinisiai kegiatan arisan. Minthul dipercaya memegang uang peserta arisan.

Awalnya dari iuran-iuran cukup lancar, termasuk Minthul rutin menagih kalau ada tetangga yang belum bayar. Masalah mulai muncul sejak beberapa bulan yang lalu. Peserta yang seharusnya dapat arisan, tidak mendapat haknya. Minthul beralasan, uang masih disimpan di bank dan belum sempat diambil. Sampai 3 kali giliran, belum juga cair.

“Saat itu ya sudah ada yang nanya-nanya ke rumah. Tapi saya mikir paling urusan perempuan. Jadi saya gak terlalu khawatir saat itu,” jelasnya. Kecurigaan Tole saat Minthul sering beli-beli barang. Namun, Tole berusaha menepis kecurigaan itu. “Pikir saya, Minthul punya uang lantaran usahanya membuat kue,” imbuhnya.

Akhirnya, satu ketika Minthul mengaku kemalingan uang di rumahnya. Hal ini membuat rumah juga kalang kabut dan sempat menuduh satu sama lain. Begitu diusut, barulah ketahuan bahwa Minthul sendiri tak pernah mengambil uang di bank. Itu terbukti dari buku tabungan yang tak ada transaksi.

“Ibu saya sampai kecewa karena Minthul bohong. Bahkan, keluarga malu karena Minthul ternyata nilep uang arisan tetangga-tetangga,” jelasnya. Masalah itu diperbesar lantaran Minthul juga ternyata banyak berutang dengan tetangga agar tetap bisa jajan dan bergaya mewah. Tak tahan dengan kelakuan sang istri, Tole menceraikannya. (eka/fun)