alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Penambahan 1.200 PJU di Kab Pasuruan Belum Dilakukan

BANGIL, Radar Bromo – Tahun 2019 ini, Pemkab Pasuruan berencana menambah penerangan di sejumlah ruas jalan. Dana miliaran rupiah disiapkan untuk merealisasikan rencana tersebut.

Hanya saja, sampai mendekati akhir tahun, belum ada pemasangan satu pun lampu-lampu yang direalisasikan. Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Cahyo Fajar menjelaskan, Pemkab memang berencana untuk memasang setidaknya 1.200 unit PJU tahun 2019 ini.

Lampu-lampu itu akan disebar di sejumlah titik agar membuat pengendara lebih merasa aman dan nyaman. Seperti di jalur Bangil-Pandaan atau di Desa Kedungringin dan sejumlah titik lainnya.

Dana Rp 11 miliar disiapkan untuk pemasangan lampu-lampu PJU itu. “Ada sekitar 60 lokasi yang akan kami pasangi lampu PJU tahun ini,” kata Cahyo –sapaannya-.

Masing-masing, dialokasikan dana yang berbeda. Mulai Rp 100 juta hingga Rp 200 juta. Menurut Cahyo, proses pemasangan lampu-lampu itu memang belum dilakukan.

Sebab, kontrak kerja belum dilakukan. “Perencanaan sudah. Tinggal penandatanganan kontrak yang akan dilakukan awal September,” sambungnya.

Sejauh ini, jumlah lampu di wilayah Kabupaten Pasuruan mencapai puluhan ribu. Lampu-lampu tersebut tersebar di hampir wilayah Kabupaten Pasuruan. Total ada sekitar 45 ribu PJU yang terpasang. (one/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU