Wakil Sementara di DPRD Kab Probolinggo Bukan Jatah Pemenang ke Dua

KRAKSAAN, Radar Bromo-Pelantikan anggota terpilih DPRD Kabupaten Probolinggo periode 2019-2024 bakal dilakukan Jumat ini (30/8). Di DPRD Kabupaten Probolinggo, Partai Nasdem menjadi pemenang Pileg 2019.

Karena itu, kadernya berhak menjadi pimpinan sementara DPRD. Dalam hal ini berkedudukan sebagai ketua. Ketua DPD Nasdem Kabupaten Probolinggo H. Achmad Rifai’i menjelaskan, pihaknya telah merekomendasikan pimpinan sementara ke DPRD. Yaitu, kader perempuan bernama Sumarmi Rasit.

“Bu Sumarmi Rasit yang kami rekomendasikan untuk pimpinan sementara. Kalau pimpinan definitif, kami masih menunggu keputusan DPP,” katanya.

Sementara itu, partai pemenang ke dua dalam Pileg 2019 di Kabupaten Probolinggo yaitu PKB. Namun, bukan PKB yang menjadi wakil ketua DPRD sementara.

Sejumlah pejabat di lingkungan Sekwan DPRD Kabupaten Probolinggo menolak memberikan nama pimpinan sementara pada wartawan Jawa Pos Radar Bromo. Termasuk, siapa wakil sementara.

Koran ini mendapat informasi dari seorang politisi tepercaya yang namanya enggan disebutkan. Menurutnya, wakil ketua sementara DPRD dijabat oleh Amin Hadar dari PPP.

Dia menyebut, pemilih pimpinan sementara menurut peraturan yang ada bisa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama, berdasarkan partai pemenang pemilu. Dan ke dua, berdasarkan musyawarah. “Kalau menurut cara yang pertama ini, memang PKB yang seharusnya jadi wakil ketua dewan sementara,” jelas sumber itu.

Namun, pemilihan wakil ketua sementara menurutnya, dilakukan berdasarkan musyarawah. Dan hasilnya, musyawarah memutuskan Amin Hadar dari PPP sebagai wakil ketua sementara.

“PKB ini memang partai pemenang ke dua. Namun, PKB ini kan satu-satunya partai oposisi. Jadi, akhirnya penentukan wakil ketua sementara dilakukan dengan musyawarah. Tidak diserahkan pada PKB,” tegasnya. (sid/hn)