Jalan Tol Paspro Minim Rambu, Banyak Pengendara yang Nyasar ke Jalan Desa

MINIM RAMBU: Gerbang Tol Probolinggo Barat di Muneng. Pengendara dari gerbang tol ini bisa keluar di pintu tol Tongas. Namun, jalan menuju pintu tol Tongas dinilai minim rambu. (Foto: Zainal Arifin/Radar Bromo)

Related Post

TONGAS, Radar Bromo – Pintu masuk Tongas di jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sedang jadi sorotan. Tidak sedikit pengendara yang bingung menuju pintu masuk Tongas. Bahkan, sampai nyasar ke jalan desa. Penyebabnya, diduga karena minimnya rambu atau penunjuk jalan.

Purnomo, 37, jadi salah satu saksi adanya pengendara yang nyasar ke jalan Desa Tanjungrejo di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Padahal, mereka sebenarnya mau ke pintu masuk Tongas.

Warga Dusun Sumuran, Desa Tanjungrejo itu menyebut, minimnya penunjuk jalan ke pintu masuk Tongas membuat para pengendara banyak yang nyasar. Khususnya kendaraan pribadi yang berkendara di malam hari. Mereka ini, kebanyakan nyasar jalan desa di Dusun Sumuran, Desa Tanjungrejo.

“Kasihan para pengendara itu. Banyak yang nyasar ke dusun kami, lantaran kurangnya penunjuk jalan yang mengarahkan ke pintu masuk Tongas,” bebernya.

Menjelang natal dan tahun baru misalnya, dalam sehari lebih dari 10 pengendara yang nyasar ke Dusun Sumuran. “Sering mobil pribadi masuk ke dusun kami. Mayoritas pada malam hari, rata-rata plat luar kota yang memang tidak tahu atau baru masuk ke tol,” bebernya.

Purnomo pun berharap, pihak yang berwenang segera memasang rambu untuk memudahkan pengendara menuju pintu masuk Tongas. “Harapan kami, pihak yang berwenang segera memasang rambu. Kasihan mereka (pengendara, Red.) harus putar balik,” bebernya.

Manager Pelaksana PT Transjawa Sukiran saat dikonfirmasi menegaskan, akan segera menyikapi kondisi itu. Meski tidak menyebutkan kapan, ia berjanji dalam waktu dekat akan memasang rambu penunjuk jalan. Sehingga, memudahkan pengendara menuju pintu masuk Tongas.

“Terimakasih informasinya. Kami akan segera memasang rambu-rambunya,” singkatnya. (rpd/hn)