alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Hujan Deras, Dua Dapur Warga Pakuniran Tergerus Longsor

PAKUNIRAN,Radar Bromo – Hujan deras disertai angin kencang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya mengakibatkan longsor di Kecamatan Pakuniran dan Kecamatan Lumbang.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Aries Setyawan mengatakan, bencana longsor terjadi di Desa Blimbing, Kecamatan Pakuniran Jumat (27/11) lalu, sekitar pukul 05.00. Dini hari sebelumnya hujan deras disertai angin kencang.

Tak lama kemudian, terdengar gemuruh dari belakang rumah Diman dan Sabi, warga Desa Blimbing, Kecamatan Pakuniran. Rumah mereka memang berdekatan. Ternyata, suara berasal dari bagian dapur yang terbawa longsor. “Hujan deras membuat kondisi tanah lebih gembur. Dapur milik warga yang dibangun di bukit setinggi 4 meter dan disanggah kayu itu ambruk,” katanya.

Mengetahui itu, warga bersama Muspika bergotong-royong membersihkan puing-puing bangunan. Syukur, hanya bagian dapur yang rusak. “Pasca kejadian langsung dievakuasi. Untungnya tidak ada korban jiwa. Pemilik hanya mengalami kerugian materi,” katanya.

Pada hari yang sama, pukul 06.00, juga terjadi tanah longsor di Dusun Pucaksari, Desa Sapih, Kecamatan Lumbang. Tanah longsor menimbun bagian dapur rumah Warto. “Sama halnya di Pakuniran, namun ini bukan ambrol akibat tanah longsor. Tetapi terkena material tanah longsor yang menimbun dapur. Dalam kejadian juga tidak ada korban jiwa,” ujar Aries.

Menindaklanjuti peristiwa ini, pihaknya menyiagakan TRC di setiap kecamatan untuk memantau sekaligus mengevakuasi jika terjadi bencana. Sehingga, bisa meminimalisir korban jiwa.

“Pemantauan dilakukan. Utamanya dataran tinggi yang rawan longsor. Semua wilayah yang berpotensi bencana juga tak luput dari pemantauan. Korban juga sudah kami beri bantuan logistik,” ujarnya. (ar/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU