Godok Pengembangan Kawasan Industri di Wilayah Timur

GRATI, Radar Bromo – Upaya menekan disparitas antara wilayah timur dan barat Kabupaten Pasuruan terus dilakukan. Salah satunya, dengan membangun kawasan industri di timur.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, sampai Agustus ini, proses pembukaan kawasan industri memang masih digodok. Terutama, juga terkait Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang masih diproses.

“Saat ini masih penyesuaikan kajian tata ruang. Kalau sudah disetujui DPRD, maka kawasan industri di timur akan mulai dikerjakan,” terangnya.

Kendati enggan menyebutkan lokasi persisnya, namun dari Pemkab Pasuruan sudah memetakan rencana pembangunan kawasan industri di timur kabupaten. Yakni, bakal berlokasi di Kecamatan Nguling dan Grati.

Lokasi itu dinilai cukup strategis. Selain masih banyak lahan yang kosong, area sekitar juga mendukung untuk dilakukan pengembangan industri di kawasan setempat.

Irsyad mengatakan, tujuan membuka kawasan industri di wilayah timur adalah dengan menekan disparitas wilayah. Apalagi, dari segi infrastruktur, juga mendukung. Semisal sudah beroperasionalnya tol mulai Gempol hingga Probolinggo. Termasuk dari sumber energi bahkan Sumber Daya Manusia (SDM) juga sudah siap.

“Namun, nantinya kami tetap pilih kawasan yang tidak akan menggerus lahan pertanian. Terutama yang aktif untuk kawasan industrinya,” jelasnya. Pemkab Pasuruan sendiri menargetkan RTRW bisa didok tahun 2019 ini. (eka/mie)