Tertibkan Lagi Puluhan APK di Kota Probolinggo

PROBOLINGGO – Bawaslu Kota Probolinggo kembali menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK). Puluhan APK di sejumlah lokasi ditertibkan, Rabu (26/12) pagi.

Penertiban berlangsung sekitar dua jam. Selama dua jam itu, Bawaslu menggandeng Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Polresta Probolinggo.

Tim lantas dibagi menjadi lima, sesuai dengan jumlah kecamatan. Tiap tim lantas menyisir satu kecamatan. Ada pun yang menjadi sasarannya yakni APK di jalan protokol. Termasuk yang dipaku di pohon.

Di Kecamatan Kademangan misalnya, banner berukuran besar di simpang empat Pilang dan di Pasar Ketapang diturunkan lantaran dipaku di pohon.

Ketua Bawaslu Kota Probolinggo Azam Fikri mengatakan, sasaran penertiban APK yaitu yang melanggar. Seperti dipasang di pohon, tiang listrik, maupun di fasilitas umum. Baik itu dipaku atau menggunakan kawat.

Sedangkan untuk APK yang berada di halaman rumah warga, petugas tidak menertibkan. ”Untuk APK di rumah, baik di halaman atau di depan rumah, tidak ditertibkan. Sebab, itu menjadi kewenangan pemilik halaman atau rumah,” terangnya.

Selama penertiban, menurut Azam, masih banyak ditemui pelanggaran-pelanggaran pemasangan APK. Mulai APK yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Ada puluhan APK yang diamankan selama penertiban.

Yang paling banyak melanggar yaitu APK di persimpangan jalan. Hampir di persimpangan jalan mulai dari persimpangan jalan kecil hingga besar petugas menemui APK yang pemasangannya melanggar.

“Setelah ini jika masih ditemukan ada APK Caleg yang melanggar, secara prosedural kami akan berkirim surat untuk meminta caleg tersebut menurunkan sendiri,” tandasnya. (rpd/hn)