alexametrics
30 C
Probolinggo
Tuesday, 1 December 2020

Antisipasi DBD dengan PSN Plus G1R1J

GRATI, Radar Bromo – Jelang datangnya musim hujan, antisipasi dilakukan untuk merebaknya demam berdarah. Di Kecamatan Grati, digelar apel gebyar PSN Plus G1R1J sebagai langkah preventifnya.

Kepala Puskesmas Grati dr Mardina Fajarningsih menerangkan, PSN 3M PLUS G1RIJ meliputi, menguras bak kamar mandi minimal 1 kali  seminggu. Lalu, menutup bak penampungan air. Serta mengubur atau mendaur ulang barang bekas.

Plus memelihara ikan di bak kamar mandi, tidak boleh menggantung baju, budi daya tanaman anti nyamuk (lidah buaya, sereh wangi), abatisasi selektif. Dilengkapi dengan pemantauan jentik secara berkala 1 rumah 1 jumantik melibatkan unsur masyarakat desa itu sendiri.

“Demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Demam berdarah merupakan salah satu dari beberapa penyakit menular yang dapat menimbulkan kematian jika tidak segera dilakukan tindakan,” ujar dr Mardina.

Di wilayah kerja UPTD Kesehatan Puskesmas Grati, pada 2018 ditemukan 16 kasus demam berdarah. Sedangkan di tahun 2019 sebesar 28 kasus. Dengan ditemukan kasus demam berdarah setiap tahun bisa dikatakan bahwa penyakit demam berdarah tergolong penyakit yang memang membutuhkan penanganan dan pemantauan serius. Terlebih dari aspek perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan.

Untuk mencegah DBD, Puskesmas Grati pada 14 Oktober lalu membacakan ikrar PSN 3M PLUS G1R1J. “Tujuan Ikrar Komitmen PSN 3M PLUS G1R1J yakni, seluruh lintas sektor mendukung gerakan 3M PLUS untuk mencegah perkembangbiakkan sarang nyamuk dan pemberdayaan masyarakat melalui Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J),” bebernya. (riz/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dari 5 Pendonor, Hanya Dapat 3 Plasma Konvalesen

Dari 20 calon donor plasma konvalesen di Kabupaten Probolinggo, hanya 5 calon donor yang lolos screening. Namun, dari 5 calon donor itu hanya 3 orang yang diambil plasma konvalesennya.

Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka untuk Sekolah Zona Hijau-Kuning

Pemkab Probolinggo memastikan mengikuti kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk memulai pembelajaran tatap muka pada 2021.

Rusak, Rehab Jalan Gununggangsir-Karangrejo Diusulkan Tahun Depan

Kondisi ruas jalan di Desa Gununggangsir, Kecamatan Beji tersebut alami kerusakan.

Tahap Awal Penjurian Kampung Hebat Sudah Ketat

Selanjutnya akan dipilih nominator terbaik untuk melakukan presentasi dan kunjungan lapangan.

Bunda PAUD Hadiri Pelantikan Pengurus Himpaudi Kab Pasuruan

Sebanyak 14 Anggota pengurus daerah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Pasuruan masa bhakti 2019 – 2023, resmi dilantik.