alexametrics
28.1 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Blokir Rekening 325 Desa di Kabupaten Probolinggo Dibuka

KRAKSAAN – Para pemerintah desa di Kabupaten Probolinggo akhirnya bisa semringah dan melanjutkan pembangunan di desanya. Sebab, dana desa tahap ketiga yang sebelumnya masih dibekukan, kini sudah bisa dicairkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan, tahun ini 325 desa se-Kabupaten Probolinggo mendapatkan jatah dana desa sekitar Rp 322 miliar. Pencairan dana desa yang dilakukan sampai tiga tahap ini sudah tuntas. “Alhamdulillah dana desa tahun ini sudah terkirim semua. Desa yang sempat terblokir sudah dibuka dan semua sudah bisa mencairkan dana desa tahap tiga,” ujarnya, (26/11).

Menurutnya, dana desa tahap tiga yang dicairkan total berkisar Rp 128 miliar. Sejauh ini, sejumlah desa sudah mulai menyerap anggaran dana desa tahap tiga ini dengan beragam kegiatan. Dana desa tahap ke tiga ini harus sudah terserap habis maksimal akhir 2018. “Kami berharap semua desa tepat waktu dan tidak molor. Sehingga semua anggaran dapat terserap,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, hingga Kamis (8/11) lalu, dari 325 desa se-Kabupaten Probolinggo, ada 113 desa yang tidak bisa mencairkan dana desa tahap ketiga. Nomor rekening mereka diblokir karena mereka belum menyelesaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahap kedua. Syukur, kini semuanya sudah bisa mencairkannya.

Soal dana desa tahun depan, Heri mengungkapkan, tahun depan desa akan lebih dimanjakan oleh Pemerintah Pusat. Sebab, ada kenaikan nilai anggaran dana desa. Bila tahun ini 325 desa di Kabupaten Probolinggo mendapatkan sekitar Rp 322 miliar, tahun depan akan mendapatkan dana desa sekitar Rp 392 miliar. (mas/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Progres Perbaikan Alun-alun Kraksaan Sisakan Bagian Timur

Dinas Perkim Kabupaten Probolinggo optimistis dapat menyelesaikan sesuai waktu yang ditentukan, bahkan sebelum tenggat waktu.

Waspada Banjir di Kab Probolinggo, Dinas PUPR Pantau Pintu Air Ini

Mengingat hujan mulai turun, pemantauan pintu air lebih diintensifkan.

Sampah Sering Berserakan, Rencanakan TPS di Dekat Jembatan Krejengan

Keresahan warga Desa/Kecamatan Krejengan dan para pengendara yang melintasi jembatan di sana akan berakhir.

Long Weekend, Ketua PHRI: Okupansi Hotel di Pasuruan Naik 80 Persen

Okupansi hotel-hotel di Kabupaten Pasuruan naik hingga 80 persen, bahkan, diprediksi naik sampai hari Minggu nanti.

Polisi: Pelaku Curanmor di Petungasri Komplotan Spesialis

Para pelaku yang menggondol dua motor di Lingkungan Pasegan, Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, terlihat cukup tenang ketika beraksi.