alexametrics
30.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Ajukan 30.000 Kiloliter Solar untuk SPBN 2019 Kabupaten Pasuruan

KRATON – Habisnya kuota solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) di Kabupaten Pasuruan, sebelum akhir tahun menjadi pelajaran berharga. Karenanya, Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan melalui PT AKR mengusulkan tambahan kuota solar untuk tahun depan. Tambahan kuota itu diusulkan menjadi 30.000 kiloliter.

Kepala Bidang Kenelayanan Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan Alamsyah Supriadi mengatakan, tahun ini kebutuhan solar di SPBN Kabupaten Pasuruan cukup tinggi. Hal ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yang kuotanya selalu lebih. “Tahun sebelumnya permintaan solar di SPBN tidak banyak dan selalu sisa. Baru tahun ini permintaan tinggi, bahkan sampai habis pada pertengahan tahun lalu,” ujarnya.

Menurutnya, kosongnya kuota di SPBN itu karena tingginya permintaan dari nelayan dibanding biasanya. Sehingga, kuota 20.000 kiloliter yang sejatinya disiapkan untuk setahun habis pada Agustus lalu. Tingginya permintaan solar ke SPBN ini karena pembelian eceran di SPBU dibatasi. “Ternyata imbasnya ke pembelian di SPBN setiap harinya selalu habis dan kuota tahunan habis sebelum waktunya,” ujarnya.

Setelah habis, Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan mengajukan tambahan kuota. Namun, hingga bulan kemarin hanya SPBN Lekok yang diberi tambahan. Sedangkan, untuk SPBN Kraton belum.

Agar tahun depan tidak kembali kehabisan kuota, Dinas Perikanan mengusulkan diberikan tambahan kuota di setiap SPBN. Jika tahun ini hanya dijatah 20.000 kiloliter, tahun depan diusulkan menjadi 30.000 kiloliter untuk setiap SPBN. “Jika ada tambahan kuota, diharapkan tidak kehabisan kuota di tengah tahun lagi. Sehingga, aman untuk kebutuhan solar nelayan di Kabupaten Pasuruan,” ujar Alamsyah. (eka/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Sampai Oktober, Retribusi Parkir Wisata Pasuruan Baru Rp 17 Juta

Pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parkir wisata di Kota Pasuruan tahun ini ditarget sebesar Rp 54.750.000.

Terimbas Refocusing, Batal Bangun IPLT di Kota Pasuruan Tahun Ini

Rencana Pemkot Pasuruan untuk segera memiliki Instalasi Pengelolaan Limbah Tinja (IPLT) gagal terealisasi.

Proyeksi Tambah Tiga Gedung MAN IC Pasuruan Tahun 2021

Proyek pembangunan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) tahun ini masih belum tuntas.

DPRD Kab Probolinggo Desak Percepat Revisi Perda RTRW

Sudah tiga tahun, Pemkab Probolinggo berupaya merevisi Perda RTRW Nomor 03/2011. Sejauh ini belum jelas kapan akan rampung.

Progres Revitalisasi Pasar Purwosari; Mulai Pasang Konstruksi Atap

Pengerjaan proyek revitalisasi Pasar Purwosari yang dikerjakan sejak akhir September lalu terus dikebut.