Paguyuban PKL Laporkan Ada Pungli Petik Laut di PPP Mayangan ke Polisi

MAYANGAN, Radar Bromo – Dugaan adanya pungutan liar (pungli) dalam gelaran petik laut di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, Kota Probolinggo, menjadi perhatian banyak kalangan. Termasuk dari Paguyuban Pedagang Kreatif Lapangan (PPKL) yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pedagang Kaki Lima Kota Probolinggo.

Kemarin, mereka melaporkan adanya pungli itu ke Polres Probolinggo Kota. Ketua PPKL Kota Probolinggo Munadi, mengatakan laporan ini merupakan buntut kekecewaan pedagang yang berjualan ketika acara petik laut. Sebab, mereka masih dikenakan pungutan Rp 25.000.

“Kami melaporkan ini karena kasihan kepada teman-teman yang sudah susah mencari rezeki. Hendak berjualan ternyata masih dikenakan pungutan yang bisa dibilang tidak resmi,” ujarnya.

Pihakya berharap ke depan adanya pungutan ini tidak terulang. Agar pedagang yang berniat mencari rezeki tidak terbebani dengan pungli. Pihaknya juga berharap paguyuban yang saat ini sudah terbentuk dapat terjalin komunikasi yang baik dengan pihak terkait.

Kemarin, ada sejumlah pedagang yang ikut melapor bersama Munadi. Mereka didampingi penasihat hukumnya, Mulyono. “Pungli pada acara Probolinggo Tempo Doeloe juga kami laporkan. Kami sudah memiliki bukti-bukti yang cukup, sehingga kami perlu melakukan upaya hukum,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota AKP Nanang Fendy Dwi Susanto mengaku akan tetap memproses kasus ini. “Mereka datang dalam rangka mengadukan. Pengaduan itu langsung diajukan kepada pimpinan dan tentunya akan kami tindak lanjuti. Terkait lamanya proses penyidikan masih menunggu surat laporan itu dikirim,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, sejumlah pedagang mengaku dimintai duit Rp 25.000 ketika hendak berjualan di acara petik laut di pelabuhan, Minggu (24/11). Namun, pengakuan sejumlah pedagang itu dibantah olah Plt Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Probolinggo Zainul Fathoni. Ia menegaskan dalam kegiatan itu tidak ada pungutan terhadap pedagang. (ar/rud)