alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

12.222 Warga Kota Probolinggo Belum Perekaman E-KTP

PROBOLINGGO – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Probolinggo melakukan jemput bola perekaman warga yang belum memiliki e-KTP. Perekaman yang biasanya dilakukan di Kantor Dispendukcapil maupun kecamatan, kini bisa dilakukan di kantor kelurahan.

Menurut Tartib Goenawan, kepala Dispendukcapil, pihaknya siap untuk melakukan perekaman e-KTP. Termasuk sekaligus melakukan proses cetak.

“Blangko tersedia. Jadi, tidak perlu khawatir harus menunggu lama. Bahkan, bisa proses rekam langsung cetak,” ujarnya saat ditemui harian ini Selasa (19/2) lalu.

Menurut data Dispendukcapil, ada 12.222 warga yang belum melakukan perekaman e-KTP. Mayoritas status mereka adalah pemilih pemula yang memiliki hak suara saat pemilu nanti.

“Kami sudah ada data by name by address yang belum melakukan perekaman. Dari 12.222 itu, sebagian besar adalah pemilih pemula belum perekaman,” ujarnya.

Tartib meminta kepada masyarakat untuk segera melakukan proses perekaman di kelurahan-kelurahan. Dengan cara mengurus di kelurahan, itu merupakan jalan singkat untuk tercatat di data kependudukan.

Sementara itu, Moch Soufis Subri, wakil wali kota Probolinggo meminta kepada perangkat kelurahan dan kecamatan agar jangan sampai masyarakat tidak terfasilitasi untuk melakukan perekaman e-KTP. Hal ini karena berkaitan juga dengan keikutsertaan masyarakat dalam Pemilu 2019.

“Masyarakat juga sebaiknya memanfaatkan program jemput bola yang dilakukan Dispendukcapil agar tidak perlu jauh-jauh ke kantor kecamatan atau kantor Dispendukcapil. Target 12.222 ini harus tuntas semua melakukan perekaman,” ujarnya setelah rapat dengan perangkat camat dan kelurahan beberapa waktu lalu. (put/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).

Ketua Dewan Siap Jadi Orang Pertama Uji Coba Vaksin

Andi Suryanto Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo mengaku siap menjadi orang pertama di Probolinggo yang divaksin Covid-19.

Sampai November Tangkapan Ikan di Kab Pasuruan Capai 12.716 Ton

Sempat lesu di semester pertama, tangkapan ikan nelayan di Kabupaten Pasuruan kembali bergairah di triwulan ketiga.