Antisipasi Bencana, Kodim 0820 Bikin Kreasi Perahu dari Kayu-Ban Truk

MAYANGAN, Radar Bromo-Datangnya musim hujan juga jadi perhatian Kodim 0820 Probolinggo. Selain menyiagakan posko bencana, kodim juga membuat perahu darurat.

Uniknya, perahu darurat itu dibuat dari aneka barang bekas. Yakni kayu yang tak terpakai dan ban dalam. “Kami manfaatkan bahan yang ada. Pembuatannya, hanya sekitar 5 hari, semuanya dikerjakan oleh anggota sendiri,” ujar Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf Imam Wibowo.

Perahu itu cukup sederhana. Terbuat dari bahan dasar kayu, serta di bagia bawahnya diberi ban dalam kendaraan besar sebagai pelampungnya. Perahu itu juga dilengkapi mesin untuk menggerakkannya.

Perahu kreasi Kodim 0820 saat hendak diuji coba di pelabuhan PPP Mayangan

 

Beberapa hari lalu, perahu itu juga diuji coba di pelabuhan perikanan pantai (PPP) Mayangan. Tes itu untuk mengetahui kekuatan dan kemampuan perahu itu.

“Perahu ini disiagakan untuk mengantisipasi datangnya bencana. Dari uji coba, perahu ini bisa dinaiki hingga 8 orang. Alas dari ban bekas sehingga membuat perahu ini kuat menampung 8 orang tanpa terbalik,” jelas Imam.

Perahu itu menggunakan mesin 25 pk. “Memang ada sedikit kekurangan, kurang bisa melaju dengan cepat. Karena, di bagian depan tak dilengkapi pemecah ombak,” imbuhnya. (mie)