alexametrics
26C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Pemadaman Karhutla di Welirang Terkendala Medan Terjal-Angin Kencang

PRIGEN, Radar Bromo – Hingga Rabu (23/10) masih terjadi kebakaran hutan di Gunung Welirang. Baik di Kelurahan Prigen maupun Desa Lumbangrejo, Kecamatan Prigen.

Kepulan asap dan titik api masih terlihat dari Prigen. “Kebakaran hutannya masih ada di Gunung Welirang atau wilayah kami. Tidak berubah, tetap di Kelurahan Prigen dan Desa Lumbangrejo,” kata Kepala UPT Tahura R. Soerjo Ahmad Wahyudi.

Selain dilakukan pemadaman dengan water bombing, juga dilakukan pemadaman dengan cara manual. Menurut Wahyudi, pihaknya kesulitan menjinakkan api di kawasan setempat. hal itu dikarenakan pihaknya terkendala sejumlah faktor. Di antaranya medan yang cukup terjal. Serta angin kencang.

“Upaya pemadamannya tidak mudah. Meski berada di medan sulit, tetap terus ditempuh. Mudah-mudahan segera membuahkan hasil, sekaligus cepat turun hujan,” harap Wahyudi.

Disebutkannya, sejak terbakar Jumat (11/10), area yang hangus dilalap api sudah mencapai ratusan hektare. “Kebakaran hutan terjadi hampir dua pekan ini ada ratusan hektare lahan terbakar. Lebih rincinya belum tahu secara persis, nanti tunggu hasil evaluasi total tuntas setelah semuanya padam,” ujarnya. (zal/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU