Forum Puspa-Forum Anak Kab Probolinggo Dikukuhkan di Aula Lila Catering

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Puluhan pengurus Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Anak dan Perempuan (Puspa) dan Forum Anak Kabupaten Probolinggo, bisa makin semangat. Rabu (21/8), mereka dikukuhkan langsung oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko.

Pengukuhan yang dihadiri oleh 150 orang itu digelar di Aula Lila Catering di RW 01/RT 92, Desa Kedungdalem Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Acara yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo ini berlangsung meriah. Diawali dengan sejumlah kesenian, salah satunya Tarian Bedoyo yang dilakukan anggota Forum Anak.

PENCANANGAN: Wakil Bupati Probolinggo Drs. H. A. Timbul Prihanjoko menyerahkan piagam pencanangan kepada Ketua Forum Puspa Kabupaten Probolinggo Rusyiami Ansyori.

Kepala DPPKB Kabupaten Probolinggo dr. H. Shodiq Tjahyono dalam sambutannya berharap pengurus yang dikukuhkan bisa terus menjaring aspirasi untuk anak, mendampingi dan mengawal kejadian kekerasan pada anak dan perempuan. “Harus bisa memegang dua P. Yakni, pendampingan dan pelapor. Mendampingi dan juga perperan aktif dalam proses pelaporan ketika ada kasus kekerasan dan yang lainnya,” ujarnya.

Pihaknya berharap para pengurus bisa mengakhiri adanya perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi bagi perempuan. Serta, saling bersinergi dengan pemerintah untuk menyosialisasikan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Harapan yang sama disampaikan Timbul Prihanjoko. Menurutnya, ketika ada kasus yang bersinggungan dengan kekerasan maupun hak-hak anak yang belum terpenuhi, harus segera dikawal. Sehingga, bisa segera dicari akar permasalahannya.

Timbul mengatakan, pencarian akar permasalahan harus dengan mengurai persoalannya. Sehingga, faktor demi faktor bisa ditemukan. “Jangan takut untuk melaporkan ketika ada tindakan yang bersinggungan dengan kekerasan dan hak bagi anak. Karena kalau itu terus terjadi, maka akan terus berkelanjutan,” ujarnya.

Usai memberikan sambutan, Timbul langsung mengukuhkan 42 pengurus Forum Puspa dan 22 Forum Anak. Dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati yang diberikan kepada Kepala DPPKB Shodiq Tjahyono. Dalam kesempatan itu, Timbul juga sempat menulis pesan dan kesannya untuk Forum Puspa dan Forum Anak.

Ketua Forum Puspa Kabupaten Probolinggo Rusyiami Ansyori mengaku, sangat bersyukur pengukuhan bisa dilakukan langsung oleh Wakil Bupati. Pihaknya berharap anggotanya bisa bersinergi. Sehingga, bisa menciptakan Kabupaten Probolinggo layak anak dan menjadi Indonesia hebat.

Hal yang sama diungkapkan salah satu anggota Forum Puspa, Lila Umami. Pihaknya berharap, pengukuhan ini bisa memberi angin segar agar bisa membuat wanita menjadi mandiri dan sukses. Serta, berharap agar perlindungan dan hak anak bisa terpenuhi. (mg1/*)

BERSAMA: Wakil Bupati Probolinggo Drs. H. A. Timbul Prihanjoko (dua dari kiri) berfoto bersama Kepala DPPKB Kabupaten Probolinggo dr. H. Shodiq Tjahyono (kiri), Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Nunung Timbul Prihanjoko (tengah), dan Anggota Forum Puspa Lila Umami (dua dari kanan).