alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Gaji Full, DPRD Kota Probolinggo Kerja sampai Pelantikan

MAYANGAN, Radar Bromo – Anggota DPRD Kota Probolinggo terpilih untuk periode 2019-2024, akan dilantik pada Sabtu (24/8). Peralihan dewan lama kepada dewan terpilih ini menimbulkan kekhawatiran terkait dengan uang representasi dan sejumlah tunjangan lainnya.

Di akhir periode ini, dewan lama sudah mendapatkan uang representasi dan sejumlah tunjangan lainnya per 1 Agustus. Sedangkan, masa bakti mereka akan berakhir hingga dilantiknya dewan terpilih pada 24 Agustus. Kekhawatiran itu diungkapkan oleh salah satu dewan terpilih, Sibro Malisi.

Ia mengaku khawatir di kemudian hari permasalahan ini menjadi temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). “Ini bukan persoalan uangnya. Tapi, ini kepada asas kepatuhan peraturan. Yang saya khawatirkan, ini kemudian justru jadi temuan BPK ketika proses audit anggaran belanja,” ujarnya.

Menurutnya, secara logika, jika seseorang dibayar dulu, maka dia dibayar sampai kapan dia selesai bekerja. Sedangkan, misalnya dihitung gaji rata-rata dewan Rp 26,5 juta atau dinilai Rp 500 ribu per hari dikalikan 6 hari, terhitung mulai tanggal pelantikan 24-30 Agustus, sudah Rp 3 juta.

Jika dikalikan 30 anggota dewan, menjadi sekitar Rp 90 juta. Uang ini, menurut Sibro, seharusnya tidak dikeluarkan dari kas daerah. “Ini yang menjadi kekhawatiran jika dijadikan temuan oleh BPK, kan kasihan,” ujar politisi Nasdem itu.

Anggota dewan terpilih dari PKB, Abdul Mujib mengaku secara pribadi tidak mempersoalkannya. Selain itu, ia mengaku kurang mengetahui perhitungan secara detail. “Terkait dengan itu, seharusnya sudah ada sistem perhitungannya sendiri,” ujarnya.

Sedangkan, Agus Riyanto, anggota dewan yang kembali terpilih mengaku, masalah itu tidak menjadi persoalan. Ia mengaku, dulu dirinya menjadi dewan di periode sebelumnya dilantik pada 26 Agustus. Nah, sampai tanggal 30 Agustus pihaknya tidak mendapatkan apa-apa.

Kan hitungnya sama. Dulu saat saya dilantik periode awal, juga tidak dapat apa-apa. Jadi, siapa yang kelebihan atau kekurangan pembayaran sekarang? Kan sebetulnya sama saja, nanti ketika purna juga demikian,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan DPRD Kota Probolinggo mengatakan, ada regulasi yang mengatur masalah itu secara terperinci. Yakni, PP Nomor 18/2017 tentang Hak dan Administrasi DPRD. “Termasuk saya nantinya. Meski pada 6 Maret 2021 nanti saya pensiun, gaji yang saya dapat per tanggal 1 tetap utuh selama sebulan. Hal itu sesuai regulasi yang ada,” ujarnya. (rpd/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ratusan Petani di Kota Probolinggo Terancam Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebab, mereka tidak terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

KONI Kab Pasuruan Digerojok Rp 5,4 M

Prestasi dunia olahraga di Kabupaten Pasuruan harus lebih baik tahun depan.