Seminggu, Sudah Ada 1.371 Pendaftar Tes CPNS Pemkab Pasuruan

BANGIL, Radar Bromo – Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) rupanya masih banyak diminati warga. Hal itu terlihat dari tingginya animo masyarakat yang mendaftar tes calon PNS (CPNS) di Kabupaten Pasuruan.

Sejak pendaftaran administrasi dibuka pada 12 November pukul 00.00 lalu, sampai Selasa (19/11) sore tercatat sudah ada 1.371 pendaftar. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah di 3 hari jelang penutupan pada 25 November mendatang.

Nurhayati Purba, kabid Pengadaan Data dan Pemberhentian Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan mengatakan, formasi yang dibuka di Kabupaten Pasuruan sebanyak 634 formasi. Sejak dibuka resmi pendaftaran administrasinya, sejumlah pendaftar terus masuk.

“Sampai saat ini tercatat sudah ada 1.371 pendaftar. Pendaftar ini yang sudah resmi mengirimkan berkas dan memastikan mengisi formasi yang dituju,” terang Nurhayati.

Dijelaskannya, kemungkinan banyak pendaftar yang masih wait and see. Sebab, masih melihat formasi di tempat lain. Sehingga, memilih menunggu atau mendaftar di hari-hari terakhir.

Namun, hingga Selasa (19/11) BKPPD masih belum bisa memetakan formasi mana saja yang paling tinggi peminat dan belum ada pendaftarnya. “Jumlah ini masih secara keseluruhan, nanti baru bisa dilihat detailnya setelah rekap terakhir. Karena setiap hari jumlahnya akan bertambah terus,” ungkapnya.

Dengan jumlah sementara ini, dipastikan pendaftar bisa bertambah. Bahkan, mungkin bisa lebih tinggi dari tahun 2018 lalu yang bisa mencapai 5.739 pendaftar dari 535 formasi yang dibuka.

Untuk tahun ini ada 634 formasi dan kemungkinan akan tinggi pendaftar di H-3 sebelum penutupan pendaftaran administrasi di sscn.bkn.go.id. pada 25 November pukul 23.59. (eka/mie)