Radar Bromo

Putri Indonesia 2018 Meriahkan Festival Batik 2019 Kota Probolinggo

Rangkaian kegiatan penutupan Festival Batik 2019 Kota Probolinggo digelar sejak pagi dan ditutup dengan Malam Puncak Festival Batik 2019, Minggu (17/11). Bertempat di Jalan Panglima Sudirman, depan kantor Wali Kota Probolinggo, acara pemungkas ini dihadiri Putri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra.

—————

Malam Puncak Festival Batik 2019 Kota Probolinggo Minggu (17/11) malam, benar-benar mengundang perhatian warga. Mereka terlihat antusias datang di lokasi acara untuk menjadi saksi ditampilkannya beragam batik Kota Probolinggo.

UNDANGAN: Dari kanan, Kepala BI Malang Azka Subhan; Kepala Bakorwil V Jember R. Tjahjo Widodo; Wawali Kota Probolinggo Moch. Soufis Subri; Dandim 0820 Letkol Inf. Imam Wibowo; Asisten Perekonomian Pembangunan Pemkot Probolinggo Achmad Sudianto; dan Anggota Komisi B DPRD Jatim Habib Mahdi.

 

Kegiatan gelaran Disbudpar Kota Probolinggo juga dihadiri sejumlah tokoh masyarakat. Termasuk dari Forkopimda Kota Probolinggo. Di antaranya, ada Wakil Wali Kota Probolinggo Moch. Soufis Subri; Dandim 0820 Probolinggo Letkol Infantri Imam Wibowo; dan perwakilan Polres Probolinggo Kota.

Ada juga Kepala BI Malang Azka Subhan; Kepala Bakorwil V Jember R. Tjahjo Widodo; Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur Habib Mahdi; dan perwakilan Komunitas Batik Jawa Timur.

Acara diawali dengan penampilan Tari Batik yang dibawakan lima penari dari Holla Dancer. Dilanjutkan pembacaan nama pemenang lomba Foto On The Spot Fashion Show Batik dan lomba Fashion Show Batik.

LOMBA FOTO: Para juara lomba Foto On The Spot Fashion Show Batik berfoto bersama Asisten Pemerintahan Pemkot Probolinggo Gogol Sudjarwo usai penyerahan hadiah.

 

Hadiah para juara lomba Foto On The Spot Fashion Show Batik diserahkan oleh Asisten Pembangunan Pemkot Probolinggo Gogol Sudjarwo.

Sedangkan, untuk juara lomba Fashion Show Batik diserahkan oleh Asisten Perekonomian Pembangunan Pemkot Probolinggo Achmad Sudianto.

FASHION: Para juara Lomba Fashion Show Batik berfoto bersama Asisten Perekonomian Pembangunan Pemkot Probolinggo Achmad Sudianto usai penyerahan hadiah.

 

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Probolinggo Moch. Soufis Subri berpesan tentang pentingnya keberadaan batik dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Probolinggo. “Berbicara batik banyak aspek yang bisa dicapai dari kegiatan membatik. Tidak hanya terkait seni, tapi juga ekonomi, terutama ekonomi kreatif. Batik memiliki nilai ekonomi tinggi jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh,” ujarnya.

SAMBUTAN: Wawali Kota Probolinggo Moch. Soufis Subri menyampaikan sambutan dalam Malam Puncak Festival Batik 2019.

 

Namun, menurutnya, untuk mendorong terwujudnya pemberdayaan ekonomi kreatif dalam hal batik, perlu disiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. “Harus kami siapkan SDM. Apakah SDM yang dimiliki sudah siap untuk memproduksi batik yang berkualitas di Kota Probolinggo. Dari sinergi yang kami miliki, kualitas batik Probolinggo akan meningkat. Serta bisa menopang PAD,” ujarnya.

LAPORAN: Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo Tutang Heri Aribowo menyampaikan laporan dalam Malam Puncak Festival Batik 2019.

 

Kepala Disbudpar Kota Probolinggo Tutang Heru Aribowo dalam sambutannya menjelaskan, pelaksanaan Festival Batik 2019 bertujuan mempromosikan batik kuno Probolinggo. “Selain itu, juga melestarikan batik kuno yang merupakan warisan leluhur. Dengan sasaran, antara lain komunitas batik, desainer, pelajar SMP/SMA, serta agen model,” jelasnya.

DUTA BATIK: Putri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra berfoto bersama Wakil Ketua I TP PKK Kota Probolinggo Hj. Diah Kristanti Soufis Subri dan lima Duta Batik Kecamatan se-Kota Probolinggo.

 

Ada beragam kegiatan yang digelar dalam Festival Batik 2019. Di antaranya, pameran batik IKM Kota Probolinggo, edukasi batik, lomba Desain Gaun Pesta Muslimah Batik, lomba Foto On The Spot Fashion Show Batik, dan lomba Fashion Show Batik.

Putri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra mengaku sering menggunakan batik dalam beraktivitas sebagai Putri Indonesia. Termasuk dalam ajang Miss Universe yang diikutinya beberapa waktu lalu. “Kepada anak-anak muda jangan malu menggunakan batik. Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang harus tetap dilestarikan,” ujarnya.

DESAIN GAUN: Juara I Lomba Desain Gaun Pesta Muslimah Batik 2019 Tiara Riski Marsha Laduni diapit Putri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra dan model yang mengenakan gaun hasil desainnya.

 

Menjelang puncak acara, diumumkan pemenang lomba Desain Gaun Pesta Muslimah Batik 2019. Juara I diraih Tiara Riski Marsha Laduni; juara II Slamet Riyadi; juara III Muchlis Ansori; dan juara favorit Lina Mardiana. (put/*)

 

PARA JUARA DALAM LOMBA FESTIVAL BATIK 2019

Lomba Foto On The Spot Fashion Show Batik
Juara 1               Christian Emanuel dari SMAK Mater dei
Juara 2               Chaesaraffa Jibriel dari SMPN 3
Juara 3               Sherly Amalia Andini dari MAN 2

Lomba Fashion Show Batik
Juara 1               Izatul Karimah dari SMKN 3
Juara 2               Bintang Kirana Valentina dari SMPN 1
Juara 3               Nadha Afiah dari SMPN 1.

Lomba Desain Gaun Pesta Muslimah Batik 2019
Juara 1               Tiara Riski Marsha Laduni
Juara 2               Slamet Riyadi
Juara 3               Muchlis Ansori
Juara Favorit    Lina Mardiana

 

 

Didukung oleh: