alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Harga Bawang Tak Stabil, Ini Permintaan Petani pada Pemkab

DRINGU – Berbagai cara dilakukan petani bawang merah untuk menyikapi naik-turunnya harga bawang di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya, menunda penjualan bawang. Petani pun minta Pemkab Probolinggo menyediakan gudang penyimpanan atau cold storage.

Permintaan itu bukan tanpa alasan. Selama penjualan ditunda, bawang merang memang harus disimpan di tempat khusus. Jika tidak, maka bawang akan busuk atau rusak. Sayangnya, petani tidak punya cold storage untuk menyimpan. Sehingga, mereka minta pemkab yang menyediakan.

Hasyim, petani bawang asal Desa Sumbersuko, Kecamatan Dringu, mengatakan, sebenarnya ia sudah memiliki gudang penyimpanan. Tetapi, volumenya tidak banyak. Hanya bisa menampung sekitar 20 ton bawang.

“Panennya tidak bareng. Jadi, yang kemarin disimpan, malah dikeluarkan karena mau diisi yang baru. Dan, kadang isi yang baru itu tidak cukup karena panennya banyak,” terangnya.

Akhirnya, bawang yang sudah dikeluarkan dari cold storage harus dijual. Atau dijadikan bibit. “Itu, ketika sudah mepet. Oleh karena itu, kami meminta ada gudang yang disediakan pemerintah untuk menyimpan hasil panen bawang merah,” jelasnya.

Bawang merah Probolinggo sendiri, menurutnya, kualitasnya sebenarnya lebih baik dari daerah lain. Namun, kelemahannya tidak memiliki gudang penyimpanan.

Tetapi, bawang yang kualitasnya lebih rendah dari Probolinggo, seperti Nganjuk malah sudah punya cold storage. “Itu (gudang bawang di Ngajuk) sudah disewakan. Kalau di sini belum ada,” terangnya.

Handoko, kabid Tanaman Hortikultura di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat menjelaskan, dinas sebenarnya berharap punya gudang penyimpanan. Bahkan, gudang penyimpanan harapannya dibangun di tiap desa penghasil bawang merah. Sayangnya, itu tidak bisa diwujudkan dalam waktu dekat.

“Gudang penyimpanan untuk menunda penjualan bawang merah, memang sangat diperlukan. Minimal satu desa potensi bawang merah ada gudang penyimpanan. Pengelolaannya bisa sewa. Tetapi, pemkab belum bisa mewujudkan karena dana kami terbatas juga. Jika memang mau diwujudkan. bisa sebenarnya menggunakan Dana Desa (DD),” ujarnya.

Bahkan, pada 2019 menurutnya, pihaknya belum bisa menganggarkan pembangunan gudang penyimpanan. “Kami sih ingin mengalokasikan anggaran untuk gudang. Tetapi, kendalanya untuk tahun 2019, dana APBD terbatas. Sehingga tidak memgalokasikan dana untuk gudang,” terangnya. (sid/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PNS Pemkab Pasuruan Kendat, Pernah Ajak Istri Minum Baygon

Peristiwa nahas ini diketahui pertama kali oleh istri korban sekitar pukul 07.30.

Diduga Ngantuk, Pasutri Tabrak Truk Parkir di Kraton, Suami Tewas

Siang itu pasutri itu dari Polres Pasuruan untuk mengurus SKCK dan berencana pulang

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Ratusan Petani di Kota Probolinggo Terancam Tak Dapat Pupuk Subsidi

Sebab, mereka tidak terdaftar dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

KONI Kab Pasuruan Digerojok Rp 5,4 M

Prestasi dunia olahraga di Kabupaten Pasuruan harus lebih baik tahun depan.