Rencana Perbaikan Pertigaan Blandongan Di-Pending

PASURUAN, Radar Bromo – Karena ada ruas jalan yang lebih mendesak untuk diperbaiki, rencana perbaikan pertigaan Blandongan Kota Pasuruan urung dilakukan. Pertigaan di Jalan KH Hasyim Asy’ari, Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugulkidul, itu akan diperbaiki tahun depan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII wilayah Gempol–Pasuruan–Probolinggo, Rudy Napitupulu mengungkapkan, perbaikan simpang tiga Blandongan tidak akan dilakukan tahun ini. Sebab, ada ruas jalan yang lebih mendesak untuk diperbaiki. Yaitu, Jalan Raya Rejoso

Ia menjelaskan, awalnya BBPJN VIII berencana memperbaiki simpang tiga Blandongan yang berada di sisi timur Terminal Blandongan. Jalan yang akan diperbaiki sepanjang 100 meter di kedua ruas jalan. Baik yang ada di sebelah utara, maupun selatan.

Perbaikan dilakukan karena ruas jalan tersebut rusak dan bergelombang. Di sisi lain, jalan ini merupakan jalur utama bagi bus jurusan Probolinggo–Surabaya dan Probolinggo–Malang. Jika tidak diperbaiki, maka dapat membahayakan pengendara.

“Memang awalnya kami berencana memperbaiki ruas jalan tersebut. Namun, setelah dilakukan pemetaan, kami lebih memprioritaskan perbaikan di Jalan Raya Rejoso bulan lalu,” ungkapnya.

Namun, ia memastikan ruas jalan ini bakal tetap diperbaiki. Rencananya, pihaknya akan mengajukan perbaikan tahun 2020.

Perbaikannya sendiri akan dilakukan dengan cara slurry seal. Yakni, menggunakan aspal dingin untuk mengganti aspal yang sudah rusak.

“Rencananya tahun depan karena anggarannya terbatas, maka kami mengerjakan yang lebih mendesak dan membutuhkan perbaikan dahulu,” pungkas Rudy. (riz/hn)