Agendakan Eskavasi Struktur Bata di Kalongan Lanjutan Bulan Depan

BAKAL DILANJUT: Proses eskavasi struktur batu di Dusun Kalongan, Desa Candiwates yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jatim tahun lalu. (Foto: dok Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PRIGEN – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan bakal kembali menggekar eskavasi di lokasi penemuan struktur batu bata di Dusu Kalongan, Desa Candiwates, Prigen. Rencananya, bulan depan eskavasi itu digelar.

Proses eskavasi itu untuk memastikan bahwa penemuan struktur batu bata, merupakan benda cagar budaya. Struktur itu sebelumnyadiduga peninggalan kerajaan Majapahit berupa saluran air tertutup. Desember tahun lalu, eskvasi pertama kalinya dilakukan selama sepekan oleh tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim dilapangan.

“Kalau sebelumnya, sepenuhnya dibiayai dari APBN untuk eskavasinya. Tahun ini tetap ada dan giliran dari APBD biayanya. Total sekitar Rp 30 juta, untuk dua kali kegiatan,” beber Nurul Hudayati, kabid seni dan budaya Disparbud Kabupaten Pasuruan.

Untuk eskavasi lanjutannya, ia katakan pada triwulan satu diagendakan pada bulan depan. Sebelumnya sudah koordinasi dengan BPCB Jatim, sekaligus pihak yang melakukannya di lapangan. Dalam eskavasi nanti, BPCB Jatim juga akan melibatkan arkeolog juga.

“Sedangkan eskavasi lanjutan lainnya, diagendakan pada triwulan kedua dan belum ditentukan bulannya,” kata Nurul sapaan akrabnya.

Menurut Nurul, eskavasi ini dilakukan agar mengetahui lebih jelas untuk titik terangnya dan harus diungkap. “Dengan cara eskavasi dan bertahap pastinya. Sekaligus buat penelitian benda cagar budaya,” terangnya.

Disisi lain, upaya eskvasi lanjutan di struktur batu bata tersebut didukung sepenuhnya Pemdes Candiwates. Kades Candiwates M. Irfan mengaku lega, sekaligus juga membantu all out dilapangan bersama warga lainnya.

“Eskavasi harus ditempuh bertahap dan supaya segera dituntaskan. Karena rencana kedepan, kami di pemdes akan mengembangkan sekitar struktur batu bata untuk pariwisata,” ungkapnya. (zal/fun)