alexametrics
26.3 C
Probolinggo
Thursday, 29 October 2020

Kebakaran Sabana Bromo Jadi Atensi Komisi VIII DPR RI

MAYANGAN – Kebakaran yang sempat terjadi di kawasan Sabana Gunung Bromo, menjadi perhatian Komisi VIII DPR-RI. Senin (15/10) siang, mereka datang ke Kabupaten Probolinggo membahas masalah ini. Mereka dipimpin Wakil Ketua Komisi VIII, Marwan Dasopang.

Rombongan dewan itu langsung menuju Pendapa Kabupaten Probolinggo. Di sana, mereka disambut sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Probolinggo dan Forum Pimpinan Kepala daerah (Forkopimda).

Anggota Komisi VIII DPR-RI Hasan Aminuddin tampak hadir. Begitu juga dengan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Wakil Bupati A. Timbul Prihanjoko. Tantri mengatakan, kunjungan wakil rakyat ini dalam rangka kunjungan kerja spesifik paska bencana alam kebakaran sabana Gunung Bromo.

“Kunjungan ini, kunjungan spesifik untuk membahas kebencanaan. Karena itu, kami berharap datangnya komisi VIII ini bisa membawa perubahan yang lebih baik. Karena kunjungannya menyangkut kebakaran hutan, maka tahun depan harus tidak ada lagi,” ujarnya.

Sedangkan, Marwan Dasopang perwakilan dari komisi VIII mengatakan, ada beberapa pertimbangan pihaknya datang ke Probolinggo. Salah satunya, terkait kebakaran hutan dan sabana Gunung Bromo.

“Dari hasil diskusi, kami mendorong pemerintah dan seluruh masyarakat mengantisipasi bencana. Selain itu, juga tanggap darurat dan kesiapsiagaan dari seluruh aspek masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, jika terjadi bencana yang diperlukan koordinasi yang kuat antarintansi. Itu dilakukan agar tidak saling menyalahkan satu sama lain.

“Jangan sampai saling menyalahkan ketika ada kejadian. Tapi, harus dibangun koordinasi yang kuat antara instansi terkait. Kami berharap layanan terhadap masyarakat dan pelayanan yang lain tidak menjadikan alasan koordinasi itu,” ujarnya.

Terpisah, Kelapa Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto menjelaskan, di wilayahnya ada berbagai macam potensi bencana. Di antaranya, erupsi, kebakaran hutan, kekeringan, dan cuaca ekstrem.

Karenanya, kehadiran Komisi VIII ini diharapkan bisa membantu dalam menangani masalah tersebut. “Untuk kebakaran kami masih menangani dengan cara manual. Karena itu, dengan kehadiran Komisi VIII ini, kami harap bisa memberikan solusi untuk penanganan bencana yang ada,” ujarnya. (sid/rud/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dewan Pers Dorong Disusun SOP Liputan Aksi Unjuk Rasa

jurnalis rentan dan berpotensi menjadi korban kekerasan saat liputan unjuk rasa.

Dilema Normalisasi Kalimati; Wacana Penggusuran demi Atasi Banjir  

Bila rencana itu dijalankan, 1.208 bidang di tujuh desa/kelurahan yang ada di tiga kecamatan, Kabupaten Pasuruan bakal tergusur.

Tak Ada Lagi Pasien Covid-19 yang Diisolasi di Hotel Kab Pasuruan    

Jumlah pasien korona di Kabupaten Pasuruan mulai terkendali.

Dalam Waktu 7 Menit, Dua Motor di Petungasri Pandaan Raib

Dua unit motor itu berupa, Honda New Beat bernopol N 4669 TAC dan Honda Vario 125 hitam bernopol W 4771 T.

Sopirnya Ngantuk, Pikap Tabrak Truk di Leces Sampai Ringsek

Untungnya tidak sampai ada korban jiwa dalam kejadian ini.