alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Wednesday, 2 December 2020

Forum Lintas Umat Beragama Pasuruan Kutuk Aksi Teroris di Selandia Baru

GADINGREJO -Aksi terorisme yang menyebabkan 40 orang  tewas saat Salat Jumat di Chirstchurch, Selandia Baru, memantik perhatian sejumlah kalangan. Tidak terkecuali forum lintas umat beragama di Kota Pasuruan.

Jumat malam (15/3), sejumlah tokoh agama di Kota Pasuruan berkumpul di Kelenteng Tjoe Tik Kiong di Jalan Lombok, Kelurahan/Kecamatan Gadingrejo. Mereka mengutuk keras aksi yang tidak berperikemanusiaan ini.

Perwakilan yang hadir dalam aksi solidaritas ini di antaranya tokoh agama Konghucu, Yudi Darma Santoso; tokoh agama Budha, Siswanto; tokoh agama Katolik, Ignasius Suyadi; dan walaka umat Hindu, Dewa Made Martono.

Selanjutnya, tokoh agama Kristen, Untung Irwanto dan Dwi Hardono; perwakilan Kemenag Kota Pasuruan, Munif; perwakilan Majelis Ulama Indonesia, Ustad Munzir; serta perwakilan paguyuban sosial marga Tionghoa, Wibisono.

Yudi Darma Santoso mengungkapkan, aksi ini sebagai bentuk solidaritas pada umat Islam yang tewas saat beribadah. Ia menyebut agama itu sebagai jalan suci dan tidak pernah mengajarkan kekerasan. “Kami merasa terpanggil, sebab semua agama itu mengajarkan kebaikan menuju Tuhan. Tentu kekerasan ini tidak bisa dibenarkan,” jelas Yudi.

Untung Irwanto merasakan kepedihan umat Islam yang menjadi korban saat sedang beribadah. “Umat Islam adalah saudara kami. Kami menyampaikan duka cita mendalam pada insiden kemanusiaan ini. Dan, mudah-mudahan tidak terulang,” ungkapnya.

Munif mengatakan, Kemenag dari pusat sampai daerah sudah mengambil sikap. Dan, ini merupakan musibah kemanusian yang harus segera diselesaikan  oleh umat beragama. “Kami minta masyarakat  untuk tetap  tenang dan tidak anarkis. Sebab, perbuatan ini tidak mencerminkan salah satu agama dan harus dilawan,” pintanya. (riz/rf)

 

 

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Dorong Penyerapan Anggaran JLU Maksimal

Tidak terserapnya anggaran untuk proyek jalur lingkar utara (JLU) di dalam dana cadangan sepanjang 2020 membuat DPRD Kota Pasuruan angkat bicara.

Bank Indonesia Gulirkan Beasiswa Satu Juta Tiap Bulan

Masing-masing mahasiswa itu akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp 1 juta tiap bulan selama setahun mulai Januari 2021.

Petani Resah Lagi Pupuk Subsidi Langka di Pasaran

Petani di Kabupaten Probolinggo kembali diresahkan dengan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.

Terima 68 Pengajuan Pelimpahan Haji Ahli Waris di Kab Pasuruan

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan terus menerima pengajuan pelimpahan porsi haji kepada ahli waris.

DLH Sudah Laporkan Tumpahan Batu Bara di Perairan Sekitar PLTU Paiton

DLH sudah melaporkan kejadian itu kepada kementerian LHK pada tahun 2018.