Damkar Kota Probolinggo Evakuasi Tawon Vespa di Pohon Mangga

MAYANGAN, Radar Bromo – Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Probolinggo kemarin pagi mendatangi rumah warga di Jalan KH Mansur, Kelurahan/Kecamatan Mayangan. Bukan untuk menjinakkan api, kehadiran mereka untuk mengevakuasi sarang tawon vespa affinis.

Sarang tawon vespa itu ada di pohon mangga milik Sholeh, 35. Kasi Damkar Abdullah menerangkan, sekitar pukul 09.30 ada warga yang menghubungi lewat 112 terkait dengan tawon ndas –sebutan lain tawon vespa-. Sehingga panggilan tersebut diteruskan ke Damkar pada Satpol PP. Seketika itu pula, petugas langsung meluncur.

Lantaran kondisi yang tidak terlalu sulit, maka evakuasi berjalan cepat. Tawon ndas itu dievakuasi dengan cara dimasukkan ke dalam karung. Selanjutnya, dimusnahkan di Mako Satpol PP.

Sholeh, 35, pemilik pohon sekaligus penjual bunga mengaku, sejumlah tawon yang bersarang di pohon mangganya itu mulai meresahkan.

“Saya taunya sekitar tiga-empat bulan lalu. Tapi, sarangnya masih kecil, jadi saya biarkan. Namun, karena saat ini sarangnya sebesar paha orang dewasa, serta tawonnya kemana-mana, saya khawatir menyerang orang. Lantaran itu, saya laporkan petugas,” beber Sholeh. (rpd/mie)