alexametrics
29.7 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Perbaiki Pipa dengan Matikan Saluran Air untuk Perlancar Distribusi

PROBOLINGGO – Kerusakan yang terjadi pada pipa PDAM Kota Probolinggo, membuat PDAM harus mematikan aliran air untuk melakukan perbaikan. Matinya aliran ini pun sempat dikeluhkan sejumlah pelanggan.

Minggu (12/1) misalnya, PDAM menginformasikan bahwa aliran air se-Kota Probolinggo mati. Sebab, sedang dilakukan perbaikan gatte valve 10 dim di pertigaan Jorongan, Kecamatan Leces.

Dua hari sebelumnya, PDAM juga menginformasikan ada perbaikan. Sehingga, untuk sementara sebagian aliran PDAM di kota mati.

MG, 42, warga Jl. Patiunus, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo adalah salah satu pelanggan PDAM yang mengungkapkan kekecewaannya. Menurut perempuan yang enggan namanya disebutkan itu, aliran PDAM di rumahnya sering mati. Apalagi di pagi hari.

Padahal saat pagi, kebutuhan air sedang banyak-banyaknya. Dia biasanya menggunakan air di pagi hari untuk memasak, mencuci baju, piring, dan lainnya. Termasuk mandi.

MG mengaku paham jika memang ada perbaikan. Namun jika keseringan, ia merasa dirugikan. Sebab, biaya yang dikeluarkanya untuk membayar PDAM tetap sama. “PDAM rumah saya sering mati. Bahkan, saya sering laporan ke Suara Kota terkait hal tersebut,” terangnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Kota Probolinggo Siswandi membenarkan aliran air PDAM sekota mati. Menurutnya, ada beberapa kerusakan yang harus diperbaiki.

Seperti yang terjadi pada pipa gatte valve 10 dim yang ada di pertigaan Jorongan. Kerusakan itu menurutnya, menyebabkan terjadi penurunan distribusi air, bahkan sampai kemacetan. Karena itu, perbaikan harus dilakukan.

Untuk melakukan perbaikan itu, pihaknya mematikan empat pompa yang ada di Ronggojalu. Sebab, empat pompa itu punya tekanan besar. Efeknya, jaringan air mati di seluruh kota, Minggu pagi (13/1). “Jadi terpaksa atau mau tidak mau harus dimatikan,” terangnya.

Perbaikan rencananya dilakukan selama lima jam. Namun, di lapangan bisa diselesaikan dalam waktu satu jam. Sehingga, pelanggan bisa kembali menggunakan air PDAM pada siang harinya.

“Total pengguna layanan PDAM sebanyak 18 ribu KK. Lantaran ada kerusakan pada gatte valve 10 dim, maka kami lakukan pemadaman total PDAM di seluruh Kota Probolinggo,” terangnya.

Begitu perbaikan selesai, pompa langsung dioperasionalkan kembali. Termasuk dilakukan spoy pipa. Dan, sekitar pukul 11.00, pompa Ronggojalu sudah bisa beroperasi normal lagi.

“Setelah perbaikan kami lakukan spoy pipa atau pencucian pipa. Yaitu mengeluarkan udara dalam pipa yang sempat terjadi kekosongan air. Mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan PDAM tersebut,” terangnya. (rpd/hn)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Listrik Kerap Padam, 95 Persen Disebabkan Pohon

Kejadian listrik padam atau mati lampu kerap terjadi saat musim hujan.

Maulid Nabi, Buah Impor di Probolinggo Lebih Banyak Diburu

Memasuki Maulid Nabi Muhammad SAW., permintaan buah segar, khususnya buah impor di Kota Probolinggo, meningkat.

15 Desa di Kab Probolinggo Masih Buruh Kiriman Air

Sebagian wilayah di Kabupaten Probolinggo, telah diguyur hujan. Namun, hal ini tidak mempengaruhi ketersediaan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari di wilayah terdampak kekeringan.

Pantai Permata Mulai Ramai, Pengunjung Wajib Patuhi Prokes

Libur panjang karena cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW., diperkirakan akan meningkatkan jumlah pengunjung sejumlah destinasi wisata.

SDM Pelaku Wisata di Probolinggo Perlu Ditingkatkan

Potensi wisata di Kabupaten Probolinggo, cukup banyak. Namun, pengelolaannya perlu terus ditingkatkan. Baik secara fisik maupun dari segi SDM pengelola.