Penilaian Toilet Bersih, Juri Juga Beri Masukan

KADEMANGAN, Radar Bromo – Dewan juri lomba Toilet Bersih gelaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Probolinggo, terus melakukan penilaian. Selasa (12/11), ada 28 toilet milik OPD, puskesmas, dan keluarahan yang didatangi.

Tidak hanya datang memberikan penilaian, juri juga memberikan masukan kepada pemilik toilet. Seperti disampaikan ketika datang ke Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan. “Normalnya septic tank itu harusnya mencapai kedalaman 8 sampai 10 meter,” ujar salah satu juri, Ikhsan Mahmudi.

Selain kelurahan, juri juga mendatangi tiga puskesmas. Yakni, Puskesmas Jati, Puskesmas Ketapang, dan Puskesmas Kanigaran. Dalam kesempatan ini, juri Sumarti Dwi Wahyuni juga memberikan masukan.

“Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75/2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Pintu toilet itu harus dibuka keluar,” ujar Sumarti Dwi Wahyuni ketika menilai toilet pasien di Puskesmas Ketapang.

Penilaian terhadap toilet di puskesmas, juga memiliki penilaian yang berbeda dengan toilet yang milik OPD. “Karena puskesmas itu diharapkan oleh Dinkes Kota Probolinggo untuk bisa menjadi contoh bagi OPD dan instansi lainnya,” ujarnya.

Lomba toilet bersih ini merupakan kerja sama Dinkes Kota Probolinggo dengan Radar Bromo. Penilaian atau kunjungan toilet bersih ini akan dilakukan hingga Jumat (15/11). Dari kunjungan ini, tim juri akan menentukan juaranya. Lomba ini diikuti 76 peserta yang terdiri atas 8 puskesmas, 29 kelurahan, PDAM, dan OPD. (mg1/rud)