Perbaiki Aplikasi Pemantau Lalin di Pasuruan, Ditarget sebelum Lebaran

WONOREJO – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan akan segera memperbaiki aplikasi pemantau arus lalu lintas, Trans Info. Sebab, aplikasi yang menelan anggaran puluhan juta rupiah itu sebelumnya dihapus dari Play Store oleh pihak Google.

Kasi Pemeliharaan Sistem dan Jaringan Dishub Kabupaten Pasuruan Yoni Waskito menerangkan, aplikasi itu kini masih diperbaiki. Terutama dengan memperbarui sistem aplikasi. “Karena catatan dari Google ada indikasi pelanggaran data pribadi pengguna,” ujarnya.

Yoni menyebut, pihaknya sejatinya telah merencanakan perbaikan aplikasi itu tahun ini. Pemkab juga telah mengalokasikan anggarannya. “Nilainya Rp 120 juta dari APBD,” ujarnya.

Namun, dana itu tidak serta merta digunakan untuk memperbaiki Trans Info. Sebab, sarana prasarana lainnya yang juga perlu diperbaiki. “Tidak hanya untuk Trans Info. Tapi, juga kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan IT (informasi teknologi),” ujar Yoni.

Selain Trans Info, pihaknya juga akan melakukan pemeliharaan jaringan, situs instansi, aplikasi ATCS, serta perangkat keras di ruang Pasuruan Transport Center (PTC). “Harapan kami sebelum Hari Raya (Idul Fitri) ini selesai. Karena pantauan arus lalin banyak dibutuhkan selama Lebaran,” ujarnya. (tom/rud)