Program Rutilahu Benahi 432 Rumah di Probolinggo

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Danrem 083 Baladika Jaya, Kolonel Infantri Zainuddin berkunjung ke Markas Kodim 0820, Jumat (6/12) pagi. Tujuannya, meninjau beberapa program Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) di wilayah Probolinggo.

Lokasi pertama yang dipantau adalah rumah warga di Kelurahan/Kecamatan Kanigaran. Usai ke Kanigaran, selanjutnya ke Desa Bantaran, Kabupaten Probolinggo. Kunjungan Danrem ini berakhir di Kecamatan Wonoasih.

Di Wonoasih, ada dua rumah yang dikunjungi. Rumah pertama milik Nasiha. Janda satu anak ini bersyukur rumahnya mendapat program Rutilahu. Kini rumahnya jauh lebih layak dibandingkan sebelumnya.

Rumah kedua yaitu milik Maliye. Nenek 65 tahun ini menangis di depan Danrem karena rumahnya sudah direnovasi. “Terima kasih Pak Komandan,” terangnya sembari memeluk Kolonel Inf Zainuddin.

Zainuddin mengatakan, program Rutilahu ini merupakan hasil sinergi TNI dengan Pemprov Jawa timur. Untuk wilayah Korem 083 Baladika Jaya, tahun ini dapat kuota 3.200 rumah yang kebagian program Rutilahu.

Selain membangun fisik rumah, pembangun ini juga memperhatikan kondisi sanitasi dan saluran air. “Program ini sebetulnya bentuk dari stimulan saja,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dandim 0820 Letkol Inf. Imam Wibowo. Menurutnya, di wilayah Probolinggo, ada 430 rumah yang dibangun lewat program itu yang dibagi kepada 12 Koramil. Di tengah jalan, ada tambahan kuota 2 unit rumah. sehingga totalnya 432 rumah yang direhab.

Proses pengerjaannya sendiri melibatkan TNI dan warga sekitar. “Harapanya, dengan adanya Rutilahu ini peningkatan kesejahteraan dengan hunian yang lebih layak makin tinggi,” bebernya. (rpd/mie)