alexametrics
28.1 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Lomba Penulisan Artikel untuk GPK-Kasek Inklusif, Dipilih 20 Terbaik

KADEMANGAN – Lomba Penulisan Artikel untuk Guru Pembimbing Khusus (GPK) dan Kepala Sekolah Inklusif gelaran Disdikpora Kota Probolinggo bersama Jawa Pos Radar Bromo, memasuki babak penilaian. Dalam penilaian ini, juri akan memilih 20 artikel terbaik untuk 2 kategori. Yakni, kategori Guru Pembimbing Khusus dan Kepala Sekolah Inklusif.

Dua puluh artikel ini akan dipilih dari 53 artikel bertemakan pendidikan inklusif yang telah dikumpulkan para peserta. Ada 4 unsur penilaian yang akan digunakan oleh juri. Meliputi aktualitas, best practice, isi, dari dari segi bahasa.

“Ada 4 unsur penilaian artikel ini, di antaranya aktualitas. Isu yang diangkat ini baru atau tidak. Kemudian best practice, isi, dan bahasa,” ujar Wapemred Jawa Pos Radar Bromo Hana Susanti dalam pertemuan dengan juri lomba di kantor Jawa Pos Radar Bromo (6/11).

Salah seorang juri lomba ini Ikhsan Mahmudi mengatakan, best practice menjadi unsur penilaian penting dalam sebuah artikel. “Artikel tidak sekadar teori, namun juga pengalaman guru dan kepala sekolah selama mengajar siswa inklusi. Pengalaman terbaiknya selama mengajar,” ujarnya.

Isi artikel juga akan menjadi pertimbangan juri. Isi ini dilihat dari kesinambungan antara paragraf satu dengan paragraf lain. Begitu juga dengan penggunaan bahasa. “Penggunaan ejaan atau istilah juga akan diperhatikan. Ini, untuk memudahkan pembaca memahaminya, karena artikel ini nanti akan diterbitkan di Jawa Pos Radar Bromo,” ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan juri dari Disdikpora Kota Probolinggo Wiwik Agustin. Menurutnya, dalam artikelnya, penulis harus memberikan kesimpulan dalam tulisannya. “Isi atau konten artikel bagaimana penulis memberikan analisis terhadap materi inklusif itu. Apakah menggunakan referensi, memang referensi tidak harus, tapi alangkah bagus jika ada referensi,” ujarnya. (put/rud)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Progres Perbaikan Alun-alun Kraksaan Sisakan Bagian Timur

Dinas Perkim Kabupaten Probolinggo optimistis dapat menyelesaikan sesuai waktu yang ditentukan, bahkan sebelum tenggat waktu.

Waspada Banjir di Kab Probolinggo, Dinas PUPR Pantau Pintu Air Ini

Mengingat hujan mulai turun, pemantauan pintu air lebih diintensifkan.

Sampah Sering Berserakan, Rencanakan TPS di Dekat Jembatan Krejengan

Keresahan warga Desa/Kecamatan Krejengan dan para pengendara yang melintasi jembatan di sana akan berakhir.

Long Weekend, Ketua PHRI: Okupansi Hotel di Pasuruan Naik 80 Persen

Okupansi hotel-hotel di Kabupaten Pasuruan naik hingga 80 persen, bahkan, diprediksi naik sampai hari Minggu nanti.

Polisi: Pelaku Curanmor di Petungasri Komplotan Spesialis

Para pelaku yang menggondol dua motor di Lingkungan Pasegan, Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, terlihat cukup tenang ketika beraksi.