Pesan Juri IKM Award 2019: Fokus Usaha yang Prospektif  

KADEMANGAN, Radar Bromo-Banyak ilmu baru yang bisa diperoleh peserta IKM Award 2019. Dalam event gelaran DKUPP Kota Probolinggo, ini dewan juri banyak memberikan sejumlah ilmu kepada peserta ketika melakukan presentasi.

Kemarin, 10 dari 50 peserta melakukan presentasi di kantor Jawa Pos Radar Bromo. Mereka berusaha menjelaskan dengan gamblang usaha yang ditekuninya. Salah satunya adalah Yetti Kartika Sari pemilik IKM Kartika Food.

Perempuan asal Kelurahan/Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, ini mengaku memproduksi jamur krispi. “Saya memproduksi jamur krispi dan kerupuk amplang. Namun, yang memiliki potensi pasar lebih luas ini jamur krispi,” ujarnya.

Ia mengaku, awalnya mendapatkan resep jamur krispi dari browsing. Setelah beberapa kali melakukan percobaan, akhirnya menemukan takaran yang pas. “Awalnya saat dicoba keras. Kemudian, dicoba berkali-kali sampai dapat yang rasanya pas,” ujarnya.

Mendapati itu, Juri IKM Award dari Universitas Pancamarga Probolinggo Ismail Panji banyak memberikan masukan. Salah satunya agar memilih produk mana yang lebih memiliki prospek bagus. “Ini ada produk jamur krispi dan kerupuk amplang. Produk mana yang memiliki prospek yang bagus, kembangkan itu,” ujarnya.

Sedangkan, juri lainnya, H.A. Suyuti menyarankan kepada sejumlah IKM untuk tidak lupa mengurus izinnya. Baik berkaitan dengan usaha, maupun keamanan pangan. “Aktif datang ke DKUPP. Tanyakan proses perizinan IKM dan pelatihan di sana. Jangan pasif dan hanya menunggu,” ujarnya.

Diketahui, DKUPP Kota Probolinggo menggelar IKM Award 2019. Ada 50 peserta dari lima kecamatan se-Kota Probolinggo yang menjadi peserta dalam event hasil kerja sama dengan Jawa Pos Radar Bromo ini. Sejak Senin (2/9), ada 10 yang giliran melakukan presentasi. Kamis (5/9), memasuki hari ke lima. (put/rud)