alexametrics
26C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Musim Hujan, Saatnya Mulai Waspadai Demam Berdarah Dengue

KRAKSAAN, Radar Bromo – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo mengimbau agar masyarakat tak abai terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, saat ini telah masuk pada musim hujan dan nyamuk penyebab DB berkembang biak.

Sejauh ini bulan bulan ini sudah mulai menyerang. Pasalnya, kondisi cuaca yang tidak menentu menjadikan nyamuk cepat besar. “Kalau hujan sekalian enak. Karena jentik jentiknya bisa ikut terhanyut. Tetapi, jika hujan kemudian tidak beberapa waktu, ini dipastikan nyamuknya sudah besar dan siap untik menggigit mangsanya,” kata Mujoko, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kabupaten Probolinggo.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak tidur pada pagi hari atau sore hari. Yakni di antara pukul 09.00 dan pukul 16.00. Berdasarkan hasil penelitian nyamuk penyebab DB mulai mencari makan. “Yang terpenting peduli kebersihan jangan sampai ada kubangan air disekitar rumah,” ungkapnya.

Dinkes melalui kecamatan sudah melakukan upaya. Yaitu melakukan pengkaderan pembasmi jumantik. Ini diyakini sangat efektif untuk menangkal DBD. Daripada fogging yang hanya membunuh nyamuk dewasa. “Yang harus diwaspadai adalah mengontrol agar bibit nyamuk DB ini jangan sampai besar. Karena jika sudah besar akan sulit,” tandasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, tahun ini penderita DBD berjumlah 165 dan meninggal 1 orang. Awal musim hujan lalu, yaitu November ada tiga orang yang terkena DBD. (sid/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU