alexametrics
26C
Probolinggo
Thursday, 21 January 2021

Awal Desember, BPBD Kab Pasuruan Tetap Kirim Air Bersih ke 4 Kecamatan

WINONGAN, Radar Bromo – Meski sudah masuk awal Desember, namun intensitas hujan di wilayah Kabupaten Pasuruan sejauh ini masih minim. Sampai Selasa (3/12), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan tetap rutin mengirimkan air bersih ke 4 kecamatan.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana mengatakan, kendati hujan sudah sudah mulai turun pada akhir November lalu. Namun, intensitasnya masih jarang. Termasuk titik hujan masih turun di dataran tinggi Kabupaten Pasuruan.

“Menurut edaran BMKG, diprediksi musim hujan memang mundur sampai minggu kedua atau minggu ketiga Desember. Musim hujan ini dinilai jika hujan rutin turun dan merata di semua kawasan,” terang Bakti.

Sebelumnya, musim hujan diprediksi terjadi pada akhir November lalu. Namun, sampai Selasa (3/12) intensitas hujan memang masih rendah.

Akibatnya, sumber mata air di masyarakat kondisinya masih kering . Sehingga, sampai awal Desember ini BPBD masih rutin mengirimkan air bersih di 4 kecamatan. Yakni, Lumbang, Winongan, Pasrepan, dan Lekok.

Untuk Lumbang ada di 5 desa, Winongan 3 desa , Pasrepan 5 desa, dan Lekok 4 desa. “Untuk desa di 4 kecamatan kendati sudah musim peralihan, namun setiap hari BPBD masih rutin kirim 3 rit sehari atau 15 ribu liter. Ini, lantaran kondisi sumber air masih kering,” terangnya.

Bakti mengatakan, masih terus memantau terkait kebutuhan air bersih di masyarakat. Sesuai prediksi BMKG, di minggu kedua Desember ini akan terus dipantau, jika sumber air sudah ada, maka pengiriman air bersih baru dihentikan. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU