alexametrics
25C
Probolinggo
Thursday, 21 January 2021

Diskominfo Kota Probolinggo Sajikan Tari Saman yang Memukau di Semipro

MAYANGAN, Radar Bromo – Panggung hiburan Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) 2019 yang dipusatkan di Stadion Bayuangga, Kota Probolinggo, tak pernah sepi. Sejak Semipro 2019 dibuka secara resmi oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, S.Pd., M.M., M.HP., Sabtu (31/8), panggung ini penuh dengan beragam penampilan.

Senin (2/9) malam, sebagai acara pembuka Festival Pencak Silat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Probolinggo menampilkan Tari Saman Ratoh Jaroe. Kepala Diskominfo Kota Probolinggo Aman Suryaman, AP., M.M. mengatakan, Tari Saman Ratoh Jaroe sangat pas dengan kultur masyarakat Kota Probolinggo yang agamis.

“Tari kreasi dari Aceh ini sarat makna. Ratoh Jaroe berasal dari kata Ratoh yakni berzikir dan Jaroe adalah tangan. Artinya, tari kreasi ini dikembangkan dengan berzikir atau bernyanyi dengan menggunakan tangan. Tari Saman Ratoh Jaroe merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan pesan, nasihat, maupun dakwah,” ujarnya.

Makna tarian ini, lanjutnya, mencerminkan sebuah pendidikan, sopan santun, kepahlawanan, kebersamaan, dan kekompakan. “Biasanya tari ini disajikan dalam perayaan adat. Jadi, sangat pas ketika ditampilkan di acara Semipro sebagai rangkaian Hari Jadi ke 660 Kota Probolinggo. Apalagi, disaksikan langsung oleh Bapak Wali Kota Probolinggo dan Ibu Ketua TP PKK Kota Probolinggo Hj. Aminah Zainal Abidin,” ujarnya.

Gerakan 35 penari yang begitu dinamis, kompak, dan berkesinambungan, penampilan ini banyak mendapat aplaus penonton. Termasuk dari Wali Kota Probolinggo. Tari Saman Ratoh Jaroe persembahan Diskominfo ini bekerja sama dengan Sanggar Hanreksa Budaya, Kota Probolinggo. Semua penarinya merupakan pelajar SMAN Negeri 1 Kota Probolinggo. (*/el)

MOST READ

BERITA TERBARU