Belum Semua Jalan Umum di Kab Probolinggo Dibuka

MASIH DIBLOKADE: Jalan Alun-alun Kraksaan di sisi barat yang masih dalam keadaan tutup hingga Senin (3/8). Jalan ini masih diupayakan untuk dibuka penuh. (Foto: Agus Faiz Musleh/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Beberapa jalan di tempat umum mulai dibuka Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo beberapa waktu lalu. Tapi ada sejumlah titik yang masih tetap ditutup.

Sebelumnya, penutupan jalan di tempat umum tidak terlepas dari adanya pandemi Covid-19. Penutupan dilakukan sejak Maret. Jalan tersbut salah satunya berada di Alun-alun Kraksaan dan Taman SL Sumberlele, Kecamatan Kraksaan. Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, beberapa jalan yang telah dibuka pembatasnya di antaranya di sisi timur Alun-alun Kraksaan dan bagian barat pintu masuk meuju Taman SL Sumberlele.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto mengatakan, penutupan yang sebelumnya dilakukan pihaknya untuk mencegah potensi adanya kerumunan. Seperti di alun-alun Kraksaan. Meski begitu beberapa waktu lalu pihaknya telah membuka jalan sebelah timur alun-alun.

Ia menjalaskan pembukaan akses jalan itu bertujuan untuk memberi ruang bagi pedagang yang berada di sebelah timur dan barat alun-alun. Sebab diyakininya, dengan ditutupnya akses jalan itu selama berbulan-bulan, pendapatan pedagang menjadi tersendat.

“Biar pedagang yang ada di timur alun-alun itu juga ada penghasilan. Karena selama ini perekonomian mereka terdampak,” ujarnya.

Pembukaan akses jalan itu tidak sepenuhnya dibuka. Pihaknya hanya melakukan pembukaan seperempat jalan. Hal itu untuk tetap menghalangi kendaraan roda 4 atau lebih melintas di jalur tersebut. Sedangkan untum sebelah barat masih dalam keadaan tutup sepenuhnya.

“Hanya khusus untuk motor, kalau mobil masih belum bisa lewat. Untuk jaga-jaga adanya kerumunan. Intinya masih belum dibuka oleh pihak kami, dan untuk tindak lanjut pembukaan masih mau di laporkan kepada pimpinan kami (Bupati Probolinggo, Red),” jelasnya. (mg1/fun)