alexametrics
28C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Baru 50 Desa di Kabupaten Pasuruan Lunas 100 Persen PBB

BANGIL, Radar Bromo – Sampai triwulan ketiga atau akhir September, penerimaan Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Pasuruan sudah mencapai Rp 61,549 miliar. Dari jumlah tersebut, tercatat sudah ada 50 desa yang lunas 100 persen.

Mokhammad Syafi’i, kabid Pendataan, Penetapan, dan Pelaporan Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan mengatakan, target yang ditetapkan tahun ini sebesar Rp 68 miliar.

“Sampai triwulan ketiga penerimaan sudah mencapai Rp 61,549 miliar. Bahkan, secara persentase sudah mencapai 90,51 persen, hampir mencapai target akhir tahun sebesar Rp 68 miliar,” terangnya.

Dari penerimaan tersebut, BKD mencatat bahwa sudah ada 50 desa di Kabupaten Pasuruan yang lunas 100 persen. Ada 2 kecamatan yang semua desanya lunas 100 persen. Yakni, Kecamatan Lekok dan Kecamatan Tosari.

Tingginya penerimaan PBB pada September itu disebutkan, selain makin tingginya kesadaran dari masyarakat untuk taat membayar pajak, juga termasuk keaktifan desa dan kecamatan, dan program jemput bola dari BKD untuk memberikan pelayanan pembayaran PBB ke masyarakat. “Sehingga, realisasi sudah cukup bagus, kendati masih kurang 3 bulan, namun realisasi sementara sudah 90 persen dari target,” terangnya.

Dengan penerimaan sementara ini, BKD optimistis target awal sebesar Rp 68 miliar bisa tercapai. Jika dimungkinkan, bahkan bisa dinaikkan targetnya, menunggu persetujuan dari Gubernur Jawa Timur dalam Perubahan APBD saat ini. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU