alexametrics
25C
Probolinggo
Thursday, 21 January 2021

Tampilkan Tari Sigrak di Pawai Budaya Semipro, Cerminkan Semangat BPPKAD

Pawai Budaya menjadi rangkaian Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) ke 11 tahun 2019, begitu meriah. Minggu (1/9), ada 34 peserta yang meramaikan event tahunan ini. Notabene mereka kontingen dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Probolinggo.

BUKAN sekadar mengenalkan beragam potensi budaya lokal Kota Probolinggo. Juga bukan melulu memenuhi hiburan yang begitu dinanti masyarakat. Lebih dari itu, ada makna tersirat yang ingin disampaikan setiap kontingen Pawai Budaya melalui kesenian yang ditampilkan.

PAWAI BUDAYA: Keikutsertaan BPPKAD dalam Pawai Budaya, tidak sekadar mengangkat potensi budaya lokal, hiburan, juga makna tersirat bagi masyarakat Kota Probolinggo.

Seperti yang disajikan Badan Pendapatan, Pengelolaan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Probolinggo. OPD ini mempersembahkan Tari Sigrak Probolinggo dari Sanggar Seni Padepokan 22 Indonesia, Kelurahan Triwung Kidul.

Tari Sigrak Probolinggo dibawakan oleh 50 penari yang semuanya pelajar asal Kota Probolinggo. Tari ini merupakan tari kreasi yang menggambarkan kegembiraan, kelincahan, dan ketekunan. Dengan balutan busana dominasi merah, Tari Sigrak Probolinggo benar-benar mencerminkan semangat para generasi muda Kota Probolinggo. Muda, berkualitas, dan bermanfaat di segala sektor.

SEMANGAT: Sejumlah 50 penari dari Sanggar Tari Padepokan 22 Indonesia, Triwung Kidul berfoto bersama di depan Kantor BPPKAD Kota Probolinggo.

Dari teknik dan gayanya, gerakan Tari Sigrak Probolinggo yang dikembangkan terletak pada kelincahan dan kekuatan kaki maupun tangan. Tari tradisional Sigrak ini berkolaborasi dengan tari modern ala hiphop dan breakdance yang dibawakan sekumpulan pemuda. Semangat inilah yang disebut Sigrak Probolinggo.

Kepala BPPKAD Kota Probolinggo Ir. Imanto, M.M., melalui Sekretaris BPPKAD Agus Dwiwantoro, S.STP., M.Si. mengatakan, makna Tari Sigrak Probolinggo begitu senada dengan semangat BPPKAD untuk selalu berkarya, berkreasi, dan berinovasi lebih baik untuk meraih dan mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian. Semuanya demi mewujudkan Kota Probolinggo yang lebih baik, berkeadilan, sejahtera, transparan, aman, dan berkelanjutan. (*/el)

MOST READ

BERITA TERBARU