Penyakit Flu Mendominasi di Kota Pasuruan di Awal Tahun selama Musim Hujan

BUGUL KIDUL, Radar Bromo – Cuaca yang tidak menentu sepanjang awal tahun ini, ikut berdampak pada kesehatan masyarakat Kota Pasuruan. Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat penyakit flu serta radang tenggorokan menjadi penyakit paling dominan selama periode Januari hingga April.

Kepala Dinkes Kota Pasuruan dr Shierly Marlena mengungkapkan, berdasarkan data di setiap puskesmas, ada lima penyakit paling dominan yang dialami masyarakat. Yakni, penyakit flu, radang tenggorokan, nyeri otot, nyeri lambung, hingga hipertensi.

Kondisi ini terjadi karena cuaca yang tidak menentu di awal tahun ini. Di mana hujan dan panas terjadi secara bergantian. Selain itu, debu yang dibawa oleh angin turut membuat tubuh masyarakat yang tidak dalam kondisi fit bisa jatuh sakit. Seperti penyakit flu maupun radang tenggorokan yang disebabkan oleh debu yang masuk ke tubuh.

“Catatan kami sepanjang 2020 ada lima penyakit yang paling sering terjadi di Kota Pasuruan. Dan yang paling dominan adalah penyakit flu dan hipertensi mulai Januari hingga April,” ungkapnya.

Shierly menjelaskan, pihaknya rutin mengimbau melalui seluruh pelayanan kesehatan baik puskesmas maupun posyandu agar masyarakat selalu menjaga kondisi tubuhnya tetap sehat. Salah satunya dengan makan makanan bergizi dan melalukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan.

“Apalagi, di saat musim wabah korona seperti saat ini, masyarakat harus selalu menjaga kesehatannya. Paling tidak selalu cuci tangan setiap melalukan aktivitas. Dan tentunya dengan istirahat yang cukup,” kata Shierly. (riz/fun)