Lapas pasuruan Tetap Maksimalkan Pengamanan Walau Kunjungan Tak Ada

PURWOREJO, Radar Bromo– Meski kunjungan dari pihak keluarga ditiadakan, Lapas IIB Pasuruan memastikan akan tetap memaksimalkan pengamanan bagi warga binaan (WB). Pasalnya, Lapas masih menerima titipan makanan maupun uang dari keluarga WB.

Kalapas IIB Pasuruan, Wahyu Indarto mengungkapkan pihaknya tidak melenturkan pengamanan di Lapas. Setiap harinya ada empat regu yang dibagi dalam tiga kali shift selama 24 jam. Sementara satu regu libur, dan tiga regu lainnya dibagi setiap delapan jam sekali.

“Pengamanan lapas tetap kami lakukan seperti biasa. Ada empat regu yang kami bagi untuk berjaga di dalam agar kondisi lapas tetap kondusif,” ungkapnya.

Wahyu menjelaskan, penjagaan juga dilakukan di luar Lapas. Ini untuk memastikan titipan kiriman yang dilakukan oleh pihak keluarga pada WB aman. Misalnya jika ada titipan yang dilarang seperti sambal ataupun pisau bisa diketahui dan langsung dikembalikan pada pihak keluarga.

Menurutnya selama ini penjagaan di Lapas berjalan dengan baik. WB bisa mengikuti aturan lapas dengan baik. Ke depannya pengamanan ini akan terus dimaksimalkan sehingga kondisi lapas setempat pun semakin kondusif.

“Alhamdulillah selama ini pihak keluarga dan WB sama sama mengerti. Jadi suasana lapas kondusif, tapi kami tetap akan memaksimalkan,”bebernya. (riz/fun)