alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Kemenhub Minta Tambah Penguji di Balai Uji Kir Kraksaan

KRAKSAAN,Radar Bromo – Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, mendapatkan catatan dari tim akreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Terutama, terkait masih minimnya jumlah penguji.

Selasa (1/12), tim akreditasi dari Kemenhub itu, turun memeriksa langsung balai uji milik Dishub Kabupaten Probolinggo. Yunita, salah satu perwakilan Direktorat Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI mengatakan, ada berapa poin yang perlu dibenahi Balai Uji Kir ini.

TINJAU: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI meninjau Balai Uji Kir Dishub Kabupaten Probolinggo, Selasa (1/12). (Foto: Agus Faiz Musleh/Jawa Pos Radar Bromo)

“Ini hanya perpanjangan dari akreditasi sebelumnya. Sepanjang tinjauan, alhamdulillah inovasi Balai Uji Kir Kabupaten Probolinggo, sudah banyak peningkatan dan perubahan. Kasarnya, sudah sempurna. Namun, ada beberapa yang perlu ditambah,” ujarnya.

Salah satunya yang perlu ditambah, kata Yunita, Sumber Daya Manusia (SDM). Mengingat, pada balai uji kir ada dua line uji kir. Setiap line memiliki 9 alat. “Secara logika, SDM yang dibutuhkan dalam satu line 9 orang. Kalau dua line butuh 18 SDM. Saat ini yang ada di sini (Balai Uji Kir) hanya 11 SDM-nya. Sehingga, penting adanya tambahan SDM,” jelasnya.

Permintaan itu ditanggapi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kabupaten Probolinggo, Cipto Widianto. Ia mengaku menerima apa yang menjadi rekomendasi Kemenhub.

“Rekomendasi yang diberikan mengenai inovasi, pada tahun depan kami memang sudah mengharuskan. Dengan harapan, tahun depan dapat dilaksanakan,” ujarnya. (mu/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU